HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DALAM BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

HERIAN ALPAZARA, - and Masta Hutasoit, - (2018) HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DALAM BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF REMAJA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
HERIAN ALPAZARA_2214040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan teknologi dan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat salah satu perkembangan teknologi adalah gadget. Saat ini yang menjadi tren di kalangan remaja adalah bermain game online. Game online
memilki sifat yang membuat penggunanya menjadi kecanduan untuk memainkanya. Pengaruh dari game online dapat menyebabkan meningkatnya agresivitas pada remaja. Hal ini terjadi karena pengaruh dari game online banyak menampilkan perilaku kekerasan dan secara tidak sadar akan terekam dialam bawah sadar remaja.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan gadget dalam bermain game online dengan perilaku agresif remaja SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
Metode: Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel pusposive sampling pada 56 siswa SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Instrumen pada penelitian ini adalah kuesioner.
Analisa data yang digunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan uji Kendal tau’b dengan tingkat signifikan p<0,05.
Hasil: Intensitas bermain game online pada anak SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta sebagian besar masuk kedalam kategori selalu sebesar (39,3%). Perilaku agresif pada anak SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta masuk ke dalam kategori tinggi sebesar (46,4%). Hasil uji Kendal tau’b diperoleh nilai p(0,003) dengan tingkat koefisien korelasi sebesar 0,363.
Kesimpulan: Ada hubungan antara intensitas penggunaan gadget dalam bermain game online dengan perilaku agresif remaja SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan keeratan hubungan rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Intensitas bermain game online, perilaku agresif, remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:51
Last Modified: 15 Mar 2024 02:56
URI: https:///id/eprint/33

Actions (login required)

View Item
View Item