HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA

JULI ANZARI FARIZAN K, - and Deby Zulkarnain Rahadian Syah, - (2018) HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI SD MUHAMMADIYAH TAMANTIRTO YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of Skripsi Full] Text (Skripsi Full)
JULI ANZARI FARIZAN K_2214098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Latar Belakang : Anak yang mendapatkan pola asuh tidak tepat dari orang tua akan berpengaruh buruk terhadap prestasi belajarnya, anak menjadi kurang bertanggung jawab, dimana anak akan sering membolos sekolah, tidak ada inisiatif
untuk belajar dan bersikap acuh terhadap tugas yang diberikan. Prestasi belajar anak tidak luput dari peran orang tua, karena pola asuh yang di berikan oleh orangtua
dapat mempengaruhi prestasi belajar anak.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan prestasi belajar siswa anak kelas IV dan V di SD Muhammadiyah Tamantirto Yogyakarta.
Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non-eksperiment dengan metode cross sectional. Uji statistik dengan menggunakan contingency coefficient. Sampel penelitian ini sebanyak 54 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner pola asuh dan nilai rata-rata raport semester 1.
Hasil : Berdasarkan penelitian diperoleh data sebagian besar pola asuh orangtua adalah demokratis sebanyak 17 orang (31,5%). Prestasi belajar siswa kelas IV dan V memiliki kategori baik sebanyak 32 orang (59,3%). Hasil uji contingency coefficient didapatkan p-value sebesar 0,039 < 0,05 dengan korelasi koefisien 0,366.
Kesimpulan : Pola asuh demokratis mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa kelas IV dan V dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Prestasi belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:19
Last Modified: 15 Mar 2024 08:05
URI: https:///id/eprint/42

Actions (login required)

View Item
View Item