Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Karir Mahasiswa Akuntansi sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta)

Apriliya Nurul Hidayah, - and David Sulistiyantoro, - and Inna Zahara, - (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Karir Mahasiswa Akuntansi sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta). Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Judul_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (443kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of bab I] Text (bab I)
Bab 1_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab 2_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab 3_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab 4_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab 5_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cek Plagiarisme] Text (Cek Plagiarisme)
Plagiarisme_182301033_Apriliya Nurul Hidayah_Akuntansi.pdf

Download (52kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi,
penghargaan finansial, pelatihan profesional, lingkungan kerja, dan pertimbangan
pasar kerja terhadap minat karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik.
Penelitian ini didasarkan dengan adanya fenomena rendahnya jumlah akuntan
publik di Indonesia yang salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat
mahasiswa akuntansi untuk berkarir sebagai akuntan publik. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi angkatan 2018, 2019, dan 2020
Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Pemilihan sampel menggunakan
metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 87 responden. Data yang digunakan adalah data primer dengan kuesioner
sebagai teknik pengumpulan data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi analisis statistik deskriptif, uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas),
uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas),
analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis (uji statistik t, uji F, dan uji
koefisien determinasi (R
2
)). Analisis yang dilakukan menggunakan program atau
aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan pengetahuan akuntansi, pelatihan
profesional, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap minat karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik. Penghargaan
3
finansial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa
akuntansi sebagai akuntan publik. Sedangkan lingkungan kerja berpengaruh negatif
dan tidak signifikan terhadap minat karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan
publik. Secara bersamaan pengetahuan akuntansi, penghargaan finansial, pelatihan
profesional, lingkungan kerja, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh positif
dan signifikan terhadap minat karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Akuntan publik, pengetahuan akuntansi, penghargaan finansial, pelatihan profesional, lingkungan kerja, pertimbangan pasar kerja.
Subjects: H Social Sciences (Economy) > HF Commerce. Accounting > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Social Sciences
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:04
Last Modified: 07 Jun 2023 08:30
URI: https:///id/eprint/606

Actions (login required)

View Item
View Item