Mei Uswatun Khasanah, - and Arini Mifti Jayanti, - and Putri Pusvitasari, - (2022) Hubungan Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Angkatan 2020 Saat Menghadapi Perkuliahan Tatap Muka Di Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.
Judul_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi_compressed.pdf
Download (176kB)
Abstrak NEW_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (41kB)
Bab 1_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (234kB)
Bab 2_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (542kB)
Bab 3_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (363kB)
Bab 4_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (580kB)
Bab 5_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (179kB)
Dafta Pustaka_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (424kB)
Lampiran_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi_compressed.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Cek Plagiarisme_182303024_Mei Uswatun K_Psikologi.pdf
Download (285kB)
Abstract
Latar Belakang: Peralihan dari perkuliahan daring menjadi tatap muka
memunculkan tantangan tersendiri bagi mahasiswa khususnya mahasiswa angkatan
2020, sebab terdapat perbedaan sistem pembelajaran antara perkuliahan daring
dengan perkuliahan tatap muka, sementara mahasiswa angkatan 2020 belum pernah
berkuliah secara tatap muka. Subjek dalam penelitian ini adalah 147 mahasiswa dan
mahasiswi angkatan 2020.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara
empiris hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian diri mahasiswa angkatan
2020 yang menjalani kuliah tatap muka setelah tiga semester menjalani perkuliahan
daring.
Metode Penelitian: Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
pendekatan korelasional. Data dikumpulkan dengan kuesioner berdasarkan skala
General Self-Efficacy Scale versi bahasa Indonesia yang dibuat oleh Schwarzer dan
Jerusalem (1995) serta skala penyesuaian diri yang dibuat peneliti berdasarkan
aspek-aspek penyesuaian diri Schneiders (1960). Selanjutnya, data dianalisis
menggunakan bantuan SPSS versi 20 dengan melakukan uji hipotesis
menggunakan Spearman Rho untuk mengetahui hubungan self-efficacy dengan
penyesuaian diri mahasiswa.
Hasil Penelitian: Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang antara selfefficacy
mahasiswa dengan penyesuaian diri pada saat kuliah tatap muka setelah
kuliah daring. Nilai korelasi (r
s
) sebesar 0,593 dan nilai signifikansi 0,000.
Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif selfefficacy
dengan penyesuaian diri mahasiswa angkatan 2020 dimana ketika selfefficacy
mahasiawa tinggi penyesuaian dirinya juga tinggi, sehingga dapat
dikatakan bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy, penyesuaian diri, mahasiswa angkatan 2020, perkuliahan daring, perkuliahan tatap muka |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 06:40 |
Last Modified: | 29 May 2023 02:15 |
URI: | https:///id/eprint/646 |