Desain User Interface User Experience Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Pemesanan Jeep Lava Tour Berbasis Mobile Studi Kasus Tlogo Putri

Riyanto Tri Kurniawan, - and Ahmad Hanafi, - (2022) Desain User Interface User Experience Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Pemesanan Jeep Lava Tour Berbasis Mobile Studi Kasus Tlogo Putri. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of JUDUL.PDF] Text
JUDUL.PDF

Download (683kB)
[thumbnail of ABSTRAK.PDF] Text
ABSTRAK.PDF

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 1.PDF] Text
BAB 1.PDF

Download (907kB)
[thumbnail of BAB 2.PDF] Text
BAB 2.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3.PDF] Text
BAB 3.PDF

Download (98kB)
[thumbnail of BAB 4.PDF] Text
BAB 4.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5.PDF] Text
BAB 5.PDF

Download (6kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.PDF] Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (134kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.PDF] Text
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)
[thumbnail of PLAGIARISME.PDF] Text
PLAGIARISME.PDF

Download (26kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Wisata Tlogo Putri merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta. Letak geografis Tlogo Putri yang berada di paling ujung kawasan wisata Kaliurang serta banyak nya komunitas jeep yang berada di jalur sebelum menuju ke Tlogo Putri membuat wisatawan yang berkunjung ke sana menjadi berkurang. Sistem pemesanan jeep di Tlogo Putri masih dilakukan menggunakan WhatsApp atau datang langsung ke basecamp. Selain itu perekapan data pesanan jeep juga masih dilakukan secara manual, proses itu membutuhkan waktu yang
lama dan sering terjadi kesalahan data. Biaya untuk membuat sebuah sistem atau aplikasi terbilang mahal sehingga diperlukan sebuah prototype sebagai langkah awal sebelum membuat sistem yang sebenarnya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain antarmuka yang diwujudkan dalam bentuk prototype high fidelity user interface/user experience aplikasi pemesanaan jeep lava tour berbasis mobile. Prototype tersebut dibuat dan diujikan terlebih dahulu agar prototype yang dihasilkan sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna serta layak dan bisa diterima oleh pengguna.
Metode Penelitian: Metode design thinking digunakan karena merupakan metode yang menggunakan pendekatan yang berpusat pada pengguna untuk mencapai solusi yang dihasilkan. Metode ini terdiri dari lima tahapan dimulai dari emphatize, define, ideate, prototype dan test.
Hasil: Pengujian prototype high fidelity yang sudah dibuat menggunakan metode System Usability Scale (SUS) mendapatkan perolehan skor rata-rata 79 dengan kategori baik dan skala B. Nilai tersebut menunjukkan bahwa protype high fidelity
pemesanan jeep lava tour sudah layak dan diterima oleh pengguna.
Kesimpulan: Rancangan antarmuka sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna berdasarkan hasil pengujian yang sudah dilakukan dan bisa menjadi rujukan untuk pembuatan sistem atau aplikasi sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:56
Last Modified: 26 Mar 2024 04:00
URI: https:///id/eprint/692

Actions (login required)

View Item
View Item