Pembuatan Prototype Antarmuka Pengguna Dan Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Desktop Menggunakan Metode Design Thinking Pada Paud Kasih Ibu Belitung

Sentia, - and Kharisma, - (2022) Pembuatan Prototype Antarmuka Pengguna Dan Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Desktop Menggunakan Metode Design Thinking Pada Paud Kasih Ibu Belitung. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.

[thumbnail of JUDUL_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
JUDUL_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of ABSTRAK_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
ABSTRAK_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB I_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
BAB I_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of BAB II_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
BAB II_192103012_SENTIA_SI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[thumbnail of BAB III_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
BAB III_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of BAB IV_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
BAB IV_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
BAB V_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_192103012_SENTIA_SI.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_192103012_SENTIA_SI.pdf] Text
LAMPIRAN_192103012_SENTIA_SI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[thumbnail of PLAGIARISME_192103012_SENTIA_SI.PDF] Text
PLAGIARISME_192103012_SENTIA_SI.PDF

Download (31kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Dalam penerapan IT diperlukan perancangan sebuah sistem informasi yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya desain sistem yang termasuk didalamnya desain UI dan UX. UI/UX dibangun atas kebutuhan pengguna pada sebuah aplikasi melalui desain tampilan, fitur dan kebutuhan lainnya. Langkah awal dalam mengetahui pengguna potensial membutuhkan aplikasi atau tidak dan mengurangi resiko implementasi sistem lanjut.
Tujuan Penelitian : Membuat perancangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sistem informasi administrasi sekolah.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking beberapa tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian diawali wawancara dan obsevasi yang kemudian berlanjut pada tahap penentuan masalah sebelum akhirnya memasuki tahapan pembuatan prototype. Dilakukan tahapan testing pada prototype untuk menguji kesesuaian desain terhadap kebutuhan pengguna.
Hasil Penelitian : Penelitian menghasilkan sebuah prototype antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sistem informasi administrasi dengan beberapa proses diantaranya data lembaga, pendidik, peserta didik, rombongan belajar, tabungan, dan iuran sekolah.
Kesimpulan : Hasil dari desain ini telah melewati proses pengujian secara langsung oleh pendidik dengan menggunakan usability testing dan telah berhasil membuat perancangan prototype antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna untuk perancangan sistem lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 14 Apr 2023 06:01
Last Modified: 26 Mar 2024 04:07
URI: https:///id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item