Sentia, - and Kharisma, - (2022) Pembuatan Prototype Antarmuka Pengguna Dan Pengalaman Pengguna Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Desktop Menggunakan Metode Design Thinking Pada Paud Kasih Ibu Belitung. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogykarta.
JUDUL_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (807kB)
ABSTRAK_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (148kB)
BAB I_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (138kB)
BAB II_192103012_SENTIA_SI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (114kB)
BAB III_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (159kB)
BAB IV_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (2MB)
BAB V_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (109kB)
DAFTAR PUSTAKA_192103012_SENTIA_SI.pdf
Download (99kB)
LAMPIRAN_192103012_SENTIA_SI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
PLAGIARISME_192103012_SENTIA_SI.PDF
Download (31kB)
Abstract
Latar Belakang : Dalam penerapan IT diperlukan perancangan sebuah sistem informasi yang terdiri dari beberapa tahapan diantaranya desain sistem yang termasuk didalamnya desain UI dan UX. UI/UX dibangun atas kebutuhan pengguna pada sebuah aplikasi melalui desain tampilan, fitur dan kebutuhan lainnya. Langkah awal dalam mengetahui pengguna potensial membutuhkan aplikasi atau tidak dan mengurangi resiko implementasi sistem lanjut.
Tujuan Penelitian : Membuat perancangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sistem informasi administrasi sekolah.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking beberapa tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Penelitian diawali wawancara dan obsevasi yang kemudian berlanjut pada tahap penentuan masalah sebelum akhirnya memasuki tahapan pembuatan prototype. Dilakukan tahapan testing pada prototype untuk menguji kesesuaian desain terhadap kebutuhan pengguna.
Hasil Penelitian : Penelitian menghasilkan sebuah prototype antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna sistem informasi administrasi dengan beberapa proses diantaranya data lembaga, pendidik, peserta didik, rombongan belajar, tabungan, dan iuran sekolah.
Kesimpulan : Hasil dari desain ini telah melewati proses pengujian secara langsung oleh pendidik dengan menggunakan usability testing dan telah berhasil membuat perancangan prototype antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna untuk perancangan sistem lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 06:01 |
Last Modified: | 26 Mar 2024 04:07 |
URI: | https:///id/eprint/696 |