Rahma Afra Arsinta, - and Niken Larasati, - (2021) Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di RSU Mitra Paramedika Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (322kB)
Abstrak_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (90kB)
Bab 1_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (97kB)
Bab 2_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (55kB)
Bab 3_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (245kB)
Bab 4_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (263kB)
Bab 5_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (29kB)
Daftar Pustaka_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Download (114kB)
Lampiran_2517008_Rahma Afra Arsinta_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan kefarmasian yang baik adalah pelayanan yang
berorientasi langsung dalam proses penggunaan obat, bertujuan menjamin
keamanan, efektif dan rasional. Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu
pelayanan kefarmasian mengharuskan perubahan paradigma pelayanan dari
paradigma lama ke paradigma baru yang berorientasi pada pasien.
Tujuan Penelitian: Mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan dan
mengetahui hubungan karakteristik responden dengan tingkat kepuasan pasien
rawat jalan terhadap pelayanan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Mitra
Paramedika Yogyakarta.
Metode Penelitian: Non-eksperimental dengan pendekatan metode cross
sectional. Populasi adalah seluruh pasien rawat jalan instalasi farmasi RSU Mitra
Paramedika periode April – Mei 2021 dan sampel yang digunakan sebanyak 174
responden.
Hasil Penelitian: Menunjukkan 68,4% responden puas pada dimensi kehandalan,
84,5% responden sangat puas pada dimensi kehandalan, 88,5% responden sangat
puas pada dimensi empati, 91,4% responden sangat puas pada dimensi jaminan dan
60,9% responden puas pada dimensi bukti fisik.
Kesimpulan: Hasil tingkat kepuasan responden secara keseluruhan terhadap
pelayanan kefarmasian di RSU Mitra Paramedika Yogyakarta adalah memuaskan
sebanyak 96 orang (55,2%). Berdasarkan faktor karakteristik pasien, terdapat
hubungan antara variabel umur dan pendapatan dengan kepuasan pasien terhadap
pelayanan kefarmasian, dan tidak ada hubungan antara variabel jenis kelamin,
pekerjaan dan pendidikan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 21:20 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 03:05 |
URI: | https:///id/eprint/738 |