Peran Edukasi Penggunaan Antibiotik Terhadap Pengetahuan Masyarakat

Dede Puspita Dewi, - and Sugiyono, - (2021) Peran Edukasi Penggunaan Antibiotik Terhadap Pengetahuan Masyarakat. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
Judul_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of Abstrak_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
Abstrak_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of BAB 1_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
BAB 1_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of BAB 2_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
BAB 2_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of BAB 3_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
BAB 3_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB 4_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
BAB 4_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of BAB 5_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
BAB 5_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
Daftar Pustaka_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf] Text
Lampiran_2517044_Dede Puspita Dewi_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://www.unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi
bakteri yang dapat bersifat sebagai bakterisidal atau bakteriostatik. Rendahnya
tingkat pengetahuan mengenai penggunaan antibiotik dapat beresiko menimbulkan
efek samping serta meningkatkan angka kejadian resistensi antibiotik. Pemberian
edukasi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan
pengetahuan tentang penggunaan antibiotik.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan karakteristik masyarakat dan peran
edukasi terhadap tingkat pengetahuan terkait penggunaan antibiotik.
Metode Penelitian: Kuantitatif eksperimen melalui pendekatan cross sectional
menggunakan one grup pre test and post test design dengan leaflet sebagai media
edukasi. Pengambilan data dilakukan secara prospektif dengan teknik purposive
sampling dan didapatkan sampel 84 responden. Data yang diperoleh diuji
menggunakan Contingency Coefficient dan Spearman untuk mengetahui hubungan
antar variabel, nilai koefisien korelasi, dan arah hubungannya. Uji Wilcoxon
digunakan untuk menganalisis perbedaan antara dua kelompok data berpasangan.
Hasil Penelitian: Masyarakat berjenis kelamin perempuan (56,95%), berada pada
rentang usia 17-25 tahun (33,33%), dengan tingkat pendidikan terakhir SD
(35,72%), dan mayoritas memiliki pekerjaan (64,29%). Tingkat pengetahuan
masyarakat sebelum dilakukan edukasi diperoleh persentase paling banyak yaitu
(60,71%) dalam kategori pengetahuan kurang dan setelah dilakukan edukasi
diperoleh sebanyak (82,14%) dalam kategori pengetahuan baik. Hasil analisis
antara karakteristik responden terhadap tingkat pengetahuan berturut-turut sebesar
(0,076) jenis kelamin, (0,781) usia, (0,000) pendidikan, dan (0,268) pekerjaan.
Diperoleh signifikansi antara karakteristik responden yaitu tingkat pendidikan
dengan pengetahuan (p=0,000) dan koefisien korelasi (0,809) dengan arah
hubungan positif serta signifikansi antara peran edukasi terhadap tingkat
pengetahuan masyarakat (p=0,000).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara karakteristik dan peran edukasi terhadap
tingkat pengetahuan tentang penggunaan antibiotik di kalangan masyarakat Desa
Cikedung Lor Blok Tarikolot Kabupaten Indramayu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Edukasi Penggunaan Antibiotik, Pengetahuan Masyarakat
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 16 Apr 2023 21:31
Last Modified: 22 Jan 2024 04:05
URI: https:///id/eprint/745

Actions (login required)

View Item
View Item