Chandra Wijayanti, - and Khristina Dias Utami, - (2021) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MEMAKAI MEDIA AUDIOVISUAL DAN BOOKLET TERHADAP PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MASYARAKAT DI WONOSOBO JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (479kB)
Abstrak_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (152kB)
BAB 1_2217072_chandra wijayanti_Keperawatan S1.pdf
Download (167kB)
BAB 2_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatnS1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (218kB)
BAB 3_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (482kB)
BAB 4_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (310kB)
BAB 5_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (152kB)
Daftar Pustaka_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (160kB)
Lampiran_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Plagiarisme_2217072_Chandra Wijayanti_KeperawatanS1.pdf
Download (352kB)
Abstract
Latar Belakang : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) suatu kumpulan perilaku yang
dipraktikan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seesorang, keluarga
maupun masyarakat mampu menolong dirinya sendiri dibidang kesehatan dan berperan aktif
dalam masyarakat. Pendidikan kesehatan tentang PHBS kepada keluarga sangat perlu dilakukan
salah satunya dengan memakai media audiovisual dan booklet.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui perbedaan efektifitas pendidikan kesehatan dengan media
audiovisual dan media booklet terhadap penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di Dusun
Tindakan Lor Desa Plodongan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Wonosobo.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan Quasi-experimental design dengan pendekatan
Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel 48 responden diambil secara random.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data menggunakan wilcoxon dan mann
withney
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan media audiovisual
terjadi peningkatan tingkat pengetahuan tinggi dari 29.2% menjadi 100% sedangkan sikap baik
dari 0% menjadi 91.7% Hasil uji Wilcoxon pada kelompok intervensi didapatkan nilai p value
0.000 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0.152 Hasil uji bivariate menggunakan Mann
Whitney didapatkna nilai p value 0.000
Kesimpulan : Pendidikan kesehatan dengan menggunakan media audiovisual lebih efektif
dibandingkan booklet sebagai metode pendidikan kesehatan dalam meningkatkan sikap dan
pengetahuan perilaku hidup bersih dan sehat di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kesehatan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 09:56 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:01 |
URI: | https:///id/eprint/75 |