Gestina Alfa Nurfaizah, - and Niken Larasati, - (2021) Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kefarmasian Rawat Jalan Di Puskesmas Gamping 1. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_2517019_Gestina_Alfa_Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (248kB)
Abstrak_2517019_Gestina Alfa Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (11kB)
BAB 1_2517019_Gestina Alfa Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (27kB)
BAB 2_2517019_Gestina_Alfa_Nurfaizah_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (52kB)
BAB 3_2517019_Gestina_Alfa_Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (103kB)
BAB 4_2517019_Gestina Alfa Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (153kB)
BAB 5_2517019_Gestina Alfa Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (5kB)
Daftar_Pustaka_2517019_Gestina_Alfa_Nurfaizah_Farmasi.pdf
Download (80kB)
Lampiran_ 2517019_Gestina Alfa Nurfaizah_Farmasi.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu
upaya pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Puskesmas
menjadi fasilitas kesehatan pertama dalam mengupayakan kesehatan masyarakat.
Pelayanan kefarmasian merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari
pelaksanaan upaya kesehatan. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan
loyalitas kepada pasien, dan sudah selayaknya pasien mendapatkan perlakuan
yang layak karena pasien merupakan faktor penentu suatu kepuasan.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien JKN terhadap
pelayanan kefarmasian rawat jalan di Puskesmas Gamping 1 dan hubungan
karakteristik responden terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan di Puskesmas
Gamping 1.
Metode Penelitian: Menggunakan survei analitik secara cross sectional dengan
pengambilan populasi secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini
merupakan seluruh pasien yang menggunakan pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Gamping 1 dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100
responden.
Hasil Penelitian: Tingkat kepuasan pasien yaitu sebanyak 71% responden merasa
puas pada dimensi keandalan, 76% responden merasa puas pada dimensi
ketanggapan, 61% responden merasa puas pada dimensi jaminan, 87% responden
merasa puas pada dimensi empati, 59% pasien merasa puas dalam dimensi bukti
fisik, dan hasil tingkat kepuasan keseluruhan yaitu 73% pasien merasa puas.
Analisis data menggunakan uji Chi Square menghasilkan kesimpulan tidak
terdapat hubungan antara karakteristik responden yaitu jenis kelamin, umur,
pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan dengan tingkat kepuasan pasien JKN
terhadap pelayanan kefarmasian rawat jalan di Puskesmas Gamping 1.
Kesimpulan: Tingkat kepuasan secara keseluruhan 73% pasien merasa puas, dan
tidak ada hubungan antara karakteristik responden dengan tingkat kepuasan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 16 Apr 2023 22:23 |
Last Modified: | 22 Jan 2024 08:10 |
URI: | https:///id/eprint/767 |