HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI IGD PUSKESMAS SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA

Lila Anistiyaningsih, - and Rahayu Iskandar, - (2022) HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI IGD PUSKESMAS SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul] Text (Judul)
Judul_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab 1_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab 2_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab 3_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab 4_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab 5_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Cek Plagiarisme] Text (Cek Plagiarisme)
Plagiarisme_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran_182201118_LilaAnistiyaningsih_KeperawatanS1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Instalasi Gawat Darurat merupakan gerbang penanganan
pertama di fasilitas pelayanan kesehatan yang memegang peranan penting dalam
upaya penyelamatan hidup pasien. Response time yang diberikan pada saat pasien
tiba di IGD memerlukan standar baku sehingga dapat menjamin response time
gawat darurat yang cepat dan tepat.
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan
hubungan response time perawat dengan tingkat kepuasan pasien di IGD
Puskemas Seyegan Sleman Yogyakarta Tahun 2022.
Metode Penelitian: Jenis penelitian kuantitatif: pendekatan cross sectional study.
Populasi pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Puskesmas Seyegan adalah
pasien dengan rata-rata kunjungan perbulan sebanyak 250 pasien. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan accidental sampling yang
berbasis pada quota sampling. Besar sampel yang digunakan sebanyak 53 pasien.
Data observasi response time perawat diambil dari selisih pasien datang ke IGD
sampai pasien diberikan triase dan primary survey dari perawat. Data kuesioner
kepuasan diberikan pada pasien yang telah mendapatkan pelayanan dari perawat.
Jumlah perawat yang terobservasi memberikan pelayanan selama penelitian
didapatkan sebanyak 12 perawat. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan
lembar observasi response time dan kuesioner kepuasan pasien.
Hasil: Analisa data uji Spearman Rho didapatkan hasil bahwa adanya hubungan
yang signifikan secara statistik antara response time perawat dengan tingkat
kepuasan pasien (p-value 0, 000).
Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan secara statistik antara response time
perawat dengan kepuasan pasien. Dengan nilai koefisien korelasi 0, 71 yang
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara response time perawat
dengan kepuasan pasien dengan arah hubungan negative.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Instalasi Gawat Darurat, Kepuasan Pasien, Response Time
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 15 May 2023 16:35
Last Modified: 22 May 2023 05:01
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item
View Item