GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PENGGUNA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD WONOSARI YOGYAKARTA

Utik Tri Astuti, - (2017) GAMBARAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III PENGGUNA BPJS KESEHATAN TERHADAP PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD WONOSARI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
UTIK TRI ASTUTI_2212160_FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
UTIK TRI ASTUTI_2212160_pisah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Larat belakang :Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Hasil penelitian yang dilakukan Mustika pada tahun 2011 dari lima indikator pelayanan, jawaban tidak puas terdahap pelayanan reliability sebesar 69 responden 53,5%,dan jawaban tidak puas terhadap pelayanan responsiveness sebanyak 59 orang 45,7%. Tujuan: Mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas III pengguna BPJS kesehatan terhadap pelayanan keperawatan aspek tangiabel, reliability, responsiveness, assurance, empaty. Metode:Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskritif. Metode penelitian ini adalah kusioner dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sample sebanyak 82 responden. Hasil: Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Keperawatan Aspek Tangiable menyatakan puas sebanyak 49 responden (59,8%) tidak puas sebanyak 33 responden (40,2%). Aspek Reliability tidak puas sebanyak 47 responden (57,3%) sedangkan yang menyatakan puas 35 responden (42,7%).Aspek responsiveness (Keperdulian) puas sebanyak 65 responden (79,3%) sedangkan tidak puas sebanyak 17 responden (20,7%). Aspek assurance menyatakan puas sebanyak 47 responden (57,3%) sedangkan tidak puas sebanyak 35 responden (42,7%). Aspek empaty menyatakan puas sebanyak 49 responden (57,3%) sedangkan tidak puas sebanyak 33 responden (40,2%). Kesimpulan: Paling banyak responden menyatakan puas pada aspek responsiveness sebanyak 65 responden (79,3%), sedangkan responden paling banyak menyatakan tidak puas pada aspek reliability sebanyak 47 responden (57,3%).

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Deby Zulkarnain Rahardiansyah Dosen Pembimbing 2: Sujono Riyadi
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, pelayanan keperawatan, pengguna BPJS Kesehatan
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:00
Last Modified: 03 Nov 2017 04:00
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item