TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG SEX EDUCATION PADA REMAJA USIA AWAL DI DESA KARANGMOJO KECAMATAN KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Ayu Ratna Sari, - and Elvika Fit Ari Shanty, - (2016) TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG SEX EDUCATION PADA REMAJA USIA AWAL DI DESA KARANGMOJO KECAMATAN KARANGMOJO KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES A. Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Ayu Ratnasari_1113160_nonfull resize.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Angka kejadian seks bebas saat ini marak terjadi di Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan KPAI tahun 2013, 62,7% remaja melakukan hubungan seks pranikah, 30% remaja dinyatakan terinfeksi HIV/AIDS, 21% remaja melakukan aborsi, dan 20% remaja perempuan mengalami hamil di luar pernikahan. Orangtua merupakan salah satu faktor yang mendorong terjadinya seks bebas. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan di Desa Karangmojo terdapat pernikahan dini dengan usia 10-14 tahun sebanyak 12 (22.08%) remaja di karenakan hamil di luar pernikahan. Tujuan Penelitian : Diketahui tingkat pengetahuan ibu tentang sex education pada remaja usia awal di Desa Karangmojo Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Metode Penelitian : Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel secara Accidental Sampling dengan jumlah 67 responden yang memiliki anak usia remaja awal 10-14 tahun. Alat pengumpulan data kuesioner, analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil : Tingkat pengetahuan ibu tentang sex education dalam kategori kurang sebanyak 64.4%, tingkat pengetahuan ibu tentang remaja dalam kategori kurang sebanyak 44.8%, tingkat pengetahuan ibu tentang perubahan fisik pada masa remaja dalam kategori kurang sebanyak 38.8%, tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan seksualitas remaja dalam kategori cukup sebanyak 41.8%, dan tingkat pengetahuan ibu tentang waktu pemberian pendidikan seksual dalam kategori kurang sebanyak 64.2%. Kesimpulan : Hasil penelitian didapatkan bahwa tingkat pengetahuan ibu tentang sex education pada remaja usia awal di Desa Karangmojo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta dalam kategori kurang sebanyak 64.4% responden.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Elvika Fit Ari Shanty, S.ST., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sex Education
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BR Kesehatan Reproduksi (Kespro)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 22 Nov 2016 03:08
Last Modified: 08 May 2019 03:24
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item View Item