GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR KELUARGA BERENCANA TENTANG ALAT KONTRASEPSI IUD PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA

Indah Oktavita Purnamasari, - (2016) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN AKSEPTOR KELUARGA BERENCANA TENTANG ALAT KONTRASEPSI IUD PADA WANITA USIA SUBUR DI PUSKESMAS TEGALREJO KOTA YOGYAKARTA. Kebidanan, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Indah Oktavita P_1113188_nonfull resize.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Tingginya laju penduduk saat ini memang menjadi masalah besar di Indonesia. Untuk menangani hal tersebut maka terus dilakukan upaya penanganan yaitu dengan program KB. Pelaksanaan program KB diperlukan adanya strategi. Strategi yang dapat dilakukan yaitu dengan mempromosikan metode kontrasepsi jangka panjang, salah satunya yaitu Intra Uterine Device (IUD). Hasil studi pendahuluan pada bulan Mei 2016 di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta diperoleh data bahwa sebagian besar 13 (65%) akseptor KB IUD mempunyai pengetahuan kurang tentang efek samping KB IUD. Tujuan : Untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan akseptor keluarga berencana tentang alat kontrasepsi IUD pada wanita usia subur di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta. Metode : Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi penelitian yang digunakan adalah 37 responden, dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yaitu sebanyak 37 responden yang menggunakan kontrasepsi di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta. Alat pengumpulan data adalah kuesioner, analisa data menggunakan univariat. Hasil : Pengetahuan wanita usia subur tentang alat kontrasepsi IUD di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta dalam kategori baik. Kesimpulan : Dari penelitian didapatkan pengetahuan wanita usia subur tentang alat kontrasepsi IUD di Puskesmas Tegalrejo Kota Yogyakarta dalam kategori baik.

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Ika Fitria Ayuningtyas, S.Si.T., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan, kontrasepsi IUD, Knowledge Level, intra uterine device (IUD) contraception.
Subjects: Kebidanan > BB Keluarga Berencana(KB)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:17
Last Modified: 22 Nov 2017 03:50
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item