HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PSIK ANGKATAN 2014 DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA

Roni Purnama, - (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PSIK ANGKATAN 2014 DI STIKES JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal A. Yani Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Roni Purnama_3209095_nonfull resize.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
Roni Purnama_3209095_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Motivasi belajar sangatlah penting untuk mendorong semangat belajar dalam mengikuti proses belajar di sekolah. Tingkat pendidikan dan kebudayaan dalam keluarga mempengaruhi sikap anak dalam belajar. Studi pendahuluan di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta terdapat 104 mahasiswa PSIK angkatan 2014 yang berasal dari tingkat pendidikan orang tua berbeda-beda meliputi SD, SMA, Perguruan Tinggi dan tidak sekolah. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar mahasiswa PSIK Angkatan 2014 di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Metode Penelitian : Desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik acidental sampling yaitu 51 mahasiswa PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta angkatan 2014. Instrumen yang di gunakan berupa kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan uji Gamma. Hasil penelitian : Sebagian besar orang tua mahasiswa PSIK Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki tingkat pendidikan SMA. Sebagian besar responden mahasiswa PSIK angkatan 2014 di Stikes Jenderal Achmad Yani Yogyakarta memiliki motivasi yang cukup dalam belajar. Hasil uji statistic diperoleh nilai p value 0,034 (p<0,05). Kesimpulan : Ada hubungan antara tingkat pendidikan orangtua dengan motivasi mahasiswa dengan keeratan hubungan sedang serta arah korelasi positif.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen Pembimbing I Agus Warseno, M. Kep ; Dosen Pembimbing II Rahayu Iskandar, M.Kep
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, motivasi,
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PK Keperawatan Komunitas dan Keluarga
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2017 03:24
Last Modified: 13 Nov 2017 03:58
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item