HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL PENYAKIT DALAM RSUD WATES

Chandra Kusuma, - (2013) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM TINDAKAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL PENYAKIT DALAM RSUD WATES. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Chandra Kusuma_3208083_full (NXPowerLite Copy).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Chandra Kusuma_3208083_nonfull.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pelayanan publik oleh aparatur pemerintah dewasa ini masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang di harapkan masyarakat. Salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan adalah di bidang kesehatan yaitu rumah sakit. Survei kepuasan pasien menjadi penting dan perlu dilakukan bersama dengan pengukuran dimensi mutu layanan kesehatan yang lain. Berdasarkan hasil dari studi pendahuluan di Rumah Sakit Umum Daerah Wates, setelah melakukan wawancara pada 17 pasien yang menjalankan rawat inap di Bangsal Penyakit Dalam didapatkan hasil 9 orang mengatakan kurang puas terhadap komunikasi yang dilakukan perawat dalam tindakan keperawatan. Tujuan: Mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Bangsal Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Wates, Kulon Progo, Yogyakrta. Metode: Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 55 pasien yang dirawat di Bangsal Penyakit Dalam dengan tehnik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis menggunakan uji statistik non parametris Chi-Square. Hasil: Dari 55 responden didapatkan data pasien yang memperoleh komunikasi terapeutik kategori baik sebagian besar puas sebanyak 15 orang (27,3%). Pasien yang memperoleh komunikasi terapeutik kategori cukup sebagian besar puas sebanyak 11 orang (20%). Pasien yang memperoleh komunikasi terapeutik kategori kurang sebagian besar tidak puas sebanyak 9 orang (16,4%). Hasil perhitungan statistik menggunakan uji statistik non parametris Chi-Square, diperoleh p-value sebesar 0,046 <  (0,05) menunjukkan kekuatan hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan adalah sedang. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Bangsal Penyakit Dalam RSUD Wates, Kulon Progo, Yogyakarta.

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Nunuk Sri Purwanti Dosen Pembimbing 2: Fajriyati Nur Azizah
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan pasien, Tindakan Keperawatan
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 24 Nov 2017 01:55
Last Modified: 24 Nov 2017 01:55
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/844

Actions (login required)

View Item View Item