PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH YANG TINGGAL BERSAMA ORANGTUA DENGAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN

Arif Dwi Setiawan, - (2013) PERBEDAAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH YANG TINGGAL BERSAMA ORANGTUA DENGAN YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN. Strata 1 thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Arief Dwi Setiawan_3209084_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak dan Intisari)
Arief Dwi S 3209084.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan personal sosial anak usia prasekolah adalah perubahan secara terus menerus, sistemis, dan progresif yang merupakan cerminan dari tingkah laku yang berkaitan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya pada anak yang berusia 1 – 6 tahun (prasekolah) dimana anak itu hidup atau tinggal. Orangtua berperan besar bagi anak usia prasekolah dalam proses perkembangan, namun pada kenyataannya tidak semua anak dapat tinggal bersama orangtuanya dikarenakan berbagai hal. Panti sosial asuhan anak adalah panti sosial yang mempunyai tugas memberikan bimbingan dan pelayanan bagi anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang kurang mampu dan terlantar. Anak yang tinggal di panti asuhan cenderung kurang mendapatkan perhatian sesuai yang dibutuhkan, kebanyakan anak yang berada di panti asuhan mempunyai masalah fisik dan mental yang lebih tinggi, termasuk juga masalah sosial. Tujuan Penelitian: Diketahuinya perbedaan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah yang tinggal bersama orangtua dengan yang tinggal di panti asuhan. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik, dengan metode penelitian observasional, yang menggunakan pendekatan kuantitatif cross sectional, instrumen penelitian menggunakan Denver Development Screening Test II dengan interpretasi hasil normal, suspect, dan untestable. Sampel dalam penelitian ini merupakan total populasi yang berjumlah 39 anak yang tinggal bersama orangtua dan 19 anak yang tinggal di panti asuhan. Uji yang digunakan adalah uji non parametrik Mann-Whitney untuk memeriksa makna perbedaan, dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil: Ada perbedaan bermakna perkembangan personal sosial anak usia prasekolah yang tinggal bersama orangtua dengan yang tinggal di panti asuhan dengan p value 0,018 (P<0.05). Kategori normal anak yang tinggal bersama orangtua 89,7% suspect 7,7% untestable 2,6%, sedangkan anak yang tinggal di panti asuhan dalam kategori normal 63,1%. suspect 31.6%. untestable 5,3%. Kesimpulan: Ada perbedaan perkembangan personal sosial anak usia prasekolah yang tinggal bersama orangtua dengan yang tinggal di panti asuhan, dimana perkembangan personal sosial anak usia prasekolah yang tinggal bersama orangtua lebih baik dari pada yang tinggal di panti asuhan

Item Type: Thesis/Skripsi (Strata 1)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Ba’diah Dosen Pembimbing 2: Azizah
Uncontrolled Keywords: Prasekolah, perkembangan personal sosial, orangtua, panti asuhan.
Subjects: P Ilmu Keperawatan(klasifikasi berdasar departemen) > PA Keperawatan Anak
Divisions: Program Studi > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 14 Feb 2018 02:53
Last Modified: 14 Feb 2018 02:53
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/874

Actions (login required)

View Item View Item