HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEWON 1 BANTUL

Masdiah Damanik, - (2014) HUBUNGAN PERSEPSI PASIEN TENTANG MUTU PELAYANAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEWON 1 BANTUL. Post-Doctoral thesis, STIKES Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[img] Text
Masdiah Damanik_3210001_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Masdiah Damanik_3210001_nonfull.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Undang-Undang Kesehatan Nomor 23 Tahun 2009 menekankan pentingnya upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan, khususnya ditingkat Puskesmas. Pelayanan bermutu adalah memberikan pelayanan didasarkan pada standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pasien sehingga meningkatkan kepercayaan dan loyalitas terhadap Puskesmas. Kepuasan pasien atas pelayanan keperawatan cenderung lebih mengarah pada jasa pelayanan yang diberikan oleh perawat, jika pelayanan yang diberikan bermutu dapat mempengaruhi minat ulang pengguna jasa pelayanan. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan persepsi pasien tentang mutu pelayanan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan rawat jalan di Puskesmas Sewon 1 Bantul. Metode Penelitian: Jenis penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 80 pasien yang dirawat jalan di Puskesmas Sewon I Bantul. Instrumen penelitian adalah kuesioner dan hasil penelitian dianalisis dengan uji chi square. Hasil Penelitian: Persepsi pasien terhadap mutu pelayanan di Puskesmas Sewon 1 Bantul dikategorikan baik (48,8%). Sebagian besar pasien berminat untuk melakukan kunjungan ulang di Puskesmas Sewon 1 Bantul (92,5%). Hasil uji chi square diperoleh nilai p (0,000) < 0,05 dan koefisien kontingensi sebesar 0,413. Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara persepsi pasien terhadap mutu pelayanan dengan minat memanfaatkan ulang pelayanan rawat jalan di Puskesmas Sewon 1 Bantul dengan keeratan hubungan sedang.

Item Type: Thesis (Post-Doctoral)
Additional Information: Dosen pembimbing 1 :Sri Arini Dosen Pembimbing 2 :Deby Zulkarnain Rahadian Syah
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mutu Pelayanan, Minat Pemanfaatan Ulang.
Subjects: Keperawatan > PD Keperawatan Dasar (termasuk di dalamnya manajemen keperawatan)
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Ilmu Keperawatan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2017 03:58
Last Modified: 23 Nov 2017 03:58
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/928

Actions (login required)

View Item View Item