PENGARUH BERMAIN EDUKATIF KARDUS BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 AMBARKETAWANG

Ahmad Wasil Mustofa, - and Khristina Dias Utami, - (2019) PENGARUH BERMAIN EDUKATIF KARDUS BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 AMBARKETAWANG. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Anak dengan rentanng usia 7- 12 tahun dari laporan Torrance banyak terjadi penurunan kreativitas yang disebabkan karena penggunaan otak kanan yang belum maksimal, anak terlalu sering dihadapkan dengan pelajaran membaca dan menulis saja yang hanya melibatkan otak sebelah kiri. Permainan edukatif merupakan sebuah permainan dengan rancangan yang mendidik, memperluas konsep serta membantu peserta didik untuk memperoleh keterampilan. Bermain edukatif pada prinsipnya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik, sosial-emosional serta kemampuan kecerdasan (keterampilan dan kreativitas).
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Praeksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability sampling dengan pengambilan sampel Total Sampling yaitu sebanyak 51 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas. Hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat
menggunakan uji Wilcoxon test.
Hasil Penelitian : Kreativitas di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang sebelum diberikan intervensi diperoleh nilai median 16,00 minimum 9,00, maksimum 22,00 dan Kreativitas sesudah dilakukan intervensi di peroleh nilai median 19,00, minimum 13,00, maksimum 23,00. Hasil perbedaan pada tiap
aspek yaitu perencanaan bahan, proses pembuatan, hasil produk didapatkan peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Hasil uji Wilcoxon test pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di peroleh
p-value 0,00(p<0,005).
Kesimpulan: Ada pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siwa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Permainan Edukatif, Kreativitas Siswa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 27 Feb 2024 07:52
Last Modified: 27 Feb 2024 07:52
URI: https:///id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item
View Item