Ahmad Wasil Mustofa, - and Khristina Dias Utami, - (2019) PENGARUH BERMAIN EDUKATIF KARDUS BEKAS TERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 AMBARKETAWANG. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul.pdf
Download (269kB)
Abstrak.pdf
Download (108kB)
Bab I.pdf
Download (169kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (290kB)
Bab III.pdf
Download (240kB)
Bab IV.pdf
Download (179kB)
Bab V.pdf
Download (134kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (181kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Latar Belakang : Anak dengan rentanng usia 7- 12 tahun dari laporan Torrance banyak terjadi penurunan kreativitas yang disebabkan karena penggunaan otak kanan yang belum maksimal, anak terlalu sering dihadapkan dengan pelajaran membaca dan menulis saja yang hanya melibatkan otak sebelah kiri. Permainan edukatif merupakan sebuah permainan dengan rancangan yang mendidik, memperluas konsep serta membantu peserta didik untuk memperoleh keterampilan. Bermain edukatif pada prinsipnya dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik, sosial-emosional serta kemampuan kecerdasan (keterampilan dan kreativitas).
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang.
Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian Praeksperimen dengan rancangan One Group Pretest Posttest. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability sampling dengan pengambilan sampel Total Sampling yaitu sebanyak 51 responden. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kreativitas. Hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat
menggunakan uji Wilcoxon test.
Hasil Penelitian : Kreativitas di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang sebelum diberikan intervensi diperoleh nilai median 16,00 minimum 9,00, maksimum 22,00 dan Kreativitas sesudah dilakukan intervensi di peroleh nilai median 19,00, minimum 13,00, maksimum 23,00. Hasil perbedaan pada tiap
aspek yaitu perencanaan bahan, proses pembuatan, hasil produk didapatkan peningkatan sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Hasil uji Wilcoxon test pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siswa di peroleh
p-value 0,00(p<0,005).
Kesimpulan: Ada pengaruh bermain edukatif kardus bekas terhadap kreativitas siwa di SD Muhammadiyah 1 Ambarketawang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Edukatif, Kreativitas Siswa |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 07:52 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 07:52 |
URI: | https:///id/eprint/1866 |