Arya Saputra, - and Dwi Nugroho, - (2024) Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Di Klinik PKU Muhammadiyah Kitamura Pontianak Menggunakan Metode HOT-FIT. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (453kB)
Abstrak_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (297kB)
BAB I_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (290kB)
BAB II_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
BAB III_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (287kB)
BAB IV_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (471kB)
BAB V_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (250kB)
Daftar Pustaka_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (263kB)
Lampiran_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Plagiarisme_211204017_Arya Saputra_RMIK.pdf
Download (281kB)
Abstract
Latar Belakang: Klinik sebagai fasilitas yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perseorangan yang dipimpin oleh tenaga medis profesional. Untuk meningkatkan pelayanan pasien, klinik wajib memiliki Sistem Informasi Manajemen Klinik. Sistem ini bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat waktu dalam pengelolaan klinik, meningkatkan efisiensi dan pelayanan pasien. Evaluasi penerapan sistem dilakukan Untuk menilai sistem melalui umpan balik pengguna untuk mengatasi masalah seperti kurangnya pemanfaatan dan kesalahan.
Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini untuk mengevaluasi Sistem Informasi Manajemen di Klinik PKU Muhammadiyah Kitamura Pontianak.
Metode Penelitian: Peneliti menggunakan metode kualitatif deskritif dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan metode Hot-Fit
Hasil Penelitian: Aspek human dari segi kualifikasi pendidikan Diploma tiga, dari segi penggunaan sistem sudah baik, namun terdapat kesulitan pada petugas baru. Aspek Organization pihak yang terlibat dalam penggunaan SIMK yaitu admin, rekam medis, perawat, dokter, IT, dan Manajemen. Aspek Technology dari segi kualitas informasi sudah baik, pencarian informasi sangat mempermudah petugas dalam mencari identitas, infromasi terbaru pasien, dan mengambil keputusan, serta ketepatan, keakuratan dan respon time sudah baik. Dari segi Net Benefit SIMK Menyederhanakan proses bagi staf dalam menginput dan melengkapi data pasien, memudahkan petugas membaca diagnosa dan data pasien. Ini juga mempercepat waktu layanan dan akses data pasien.
Kesimpulan: Evaluasi SIMK dalam hal Human petugas rekam medis hanya satu orang, pengguna dapat menerima SIMK, masih terdapat kesulitan dikarenakan tidak adanya pelatihan lanjutan dari pihak pengembang. Organization manajemen sangat mendukung, belum ada tim, juklak, juknis, namun untuk SOP sudah ada. Technology internet yang tidak stabil, sering terjadi gangguan saat listrik padam, belum adanya fitur autosave.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RZ Medical Record and Health Information |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 28 Apr 2025 08:40 |
| Last Modified: | 28 Apr 2025 08:40 |
| URI: | https:///id/eprint/3130 |
