ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

Devina Riatama Felati, - and Praptana, - (2024) ANALISIS KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
Judul_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Abstrak_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
Abstrak_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of BAB I_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
BAB I_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
BAB II_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of BAB III_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
BAB III_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB IV_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
BAB IV_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of BAB V_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
BAB V_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
Daftar Pustaka_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
Lampiran_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf] Text
Plagiarisme_211204028_Devina Riatama Felati_RMIK.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Tempat Pendaftaran Rawat Jalan TPPRJ adalah bagian dari layanan kesehatan yang menangani penerimaan pasien baik yang akan dirawat inap di rumah sakit maupun yang sedang menjalani perawatan jalan. Kepuasan pasien merupakan suatu tujuan yang harus dicapai dalam sebuah Rumah Sakit sehingga sudah sepatutnya pihak rumah sakit dapat mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien agar dapat menjadi acuan untuk meningkatkan prosedur pelayanan kedepannya sehingga bisa menjadi lebih baik lagi.
Tujuan Penelitian : Mengetahui kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan pendaftaran di rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Alat yang digunakan mengumpulkan data primer pada penelitian ini adalah kuisoner. Sampel pada penelitian ini berjumlah 99 responden.
Hasil penelitian : Hasil analisis deskriptif menunjukan mayoritas responden merasa puas. Hasil analisis univariat mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan pendaftaran pasien BPJS mayoritas memiliki skor indeks interpretasi
tingkat kepuasan yang memasuki rentan angka 61-80% dalam kategori puas.
Kesimpulan : pelayanan pendaftaran pasien memiliki tingkat kepuasan pasien yang tinggi dalam dimensi tangible (bukti fisik/wujud nyata), dimensi reliability (kehandalan), assurance (jaminan), dimensi responsiveness (cepat tanggap), empathy (empati). Saran yang direkomedasikan yaitu lebih ditingkatkan lagi kebersihan di ruang tunggu dan meningkatkan sarana dan prasarana seperti tempat duduk diruang tunggu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 29 Apr 2025 04:44
Last Modified: 29 Apr 2025 04:44
URI: https:///id/eprint/3139

Actions (login required)

View Item
View Item