Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gamping I

Natasya Erika Putri, - and Shalahuddin Al Madury, - (2024) Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gamping I. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
Judul_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Abstrak_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
Abstrak_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of BAB I_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB I_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of BAB II_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB II_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB III_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB III_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of BAB IV_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB IV_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB V_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB V_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
Daftar Pustaka_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
Lampiran_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf] Text
Plagiarisme_202205077_Natasya Erika Putri_S1 Farmasi.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah suatu keadaan dimana keinginan, harapan dan kebutuhan pasien dipenuhi. Suatu pelayanan kefarmasian dinilai memuaskan bila pelayanan dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pasien. Masing-masing pasien memiliki ciri khas karakteristik tersendiri seperti pribadi
pasien, kondisi psikologis, hingga norma sosial dan budaya yang membedakannya dengan pasien lain, pembeda inilah yang dapat memengaruhi keputusan individu dalam menggunakan layanan kesehatan.
Tujuan Penelitian: Menganalisis hubungan karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gamping I.
Metode Penelitian: Penelitian observasional analitik (non-eksperimental) pendekatan cross-sectional, dengan melibatkan 108 responden. Penilaian kepuasan dilakukan dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner selanjutnya di uji
dengan univariat, bivariat dengan uji chi-square, dan uji multivariat dengan regresi logistik berganda.
Hasil Penelitian: Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan, berusia 19-59 tahun, pendidikan SMA/ Sederajat, tidak bekerja, berpendapatan <2.500.000, dan riwayat kunjungan ≥ 3 kali. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian mayoritas merasa tidak puas.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian dengan nilai (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:51
Last Modified: 13 Jun 2025 07:51
URI: https:///id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item
View Item