Navisatun Nuroniyah, - and Rizki Wahyuning Damayanti, - (2024) Pengaruh Celebrity Endorsment, Pemasaran Media Sosial, dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Online Pada Marketplace Blibli (Studi Kasus Daerah Istimewa Yogyakarta). Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (1MB)
Abstrak_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (50kB)
BAB I_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (174kB)
BAB II_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
BAB III_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (213kB)
BAB IV_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (489kB)
BAB V_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (49kB)
Daftar Pustaka_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (192kB)
Lampiran_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_202304041_Navisatun Nuroniyah_S1 Manajemen.pdf
Download (7MB)
Abstract
Latar Belakang : Seiring berkembangnya teknologi dan bertumbuhnya pengguna internet dapat menciptakan peluang bisnis yang baik serta dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha bisnis secara digital yaitu adanya aplikasi belanja online salah satunya marketplace Blibli.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan celebrity endorsement (X1), pemasaran media sosial (X2), dan citra merek (X3) terhadap niat beli online (Y) pada marketplace Blibli di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 175 responden yang pernah melakukan pembelian minimal satu kali di marketplace Blibli. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan
menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis melalui software SPSS versi 27.
Hasil : Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli online dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 3,116 > 1,973 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli online dengan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 4,019 > 1,973 dan nilai signifikansi <0,001. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli online dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 5,479 > 1,973 dan nilai signifikansi <0,001.
Kesimpulan : Penelitian ini memiliki keterbatasan dari lokasi yang dijadikan sebagai subjek penelitian dan variabel sehingga saran peneliti selanjutnya dapat memperluas jangkauan penelitian dengan menambahkan variabel berbeda untuk memperkuat hasil penelitian.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences (Economy) > HD Industries. Land use. Labor. Management > HD28 Management. Management |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Management |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 18 Sep 2025 01:45 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 01:45 |
| URI: | https:///id/eprint/3591 |
