Analisis SWOT dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning) Untuk Menerapkan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM - Mie Bergaya

Restu Adinugraha, - and Krisna Mutiara Wati, - (2024) Analisis SWOT dan STP (Segmentation, Targeting, Positioning) Untuk Menerapkan Strategi Pemasaran Digital Pada UMKM - Mie Bergaya. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
Judul_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of Abstrak_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
Abstrak_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB I_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
BAB I_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of BAB II_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
BAB II_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[thumbnail of BAB III_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
BAB III_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of BAB IV_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
BAB IV_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of BAB V_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
BAB V_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
Daftar Pustaka_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
Lampiran_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[thumbnail of Plagiarisme_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf] Text
Plagiarisme_202304064_Restu Adinugraha_S1 Manajemen.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : UMKM Mie Bergaya merupakan produk mie instan yang di pelopori oleh Ibu-ibu PKK Kelurahan Sumberwungu, Daerah Istimewa Yogyakarta. UMKM ini baru berjalan pada tahun 2023 dan masih melakukan pemasaran secara offline.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan menemukan pemasaran digital yang sesuai untuk UMKM Mie Bergaya.
Metode Penelitian : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT dan STP (Segmentation, Targeting, Postioning). Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan yaitu observasi non partisipan, wawancara yang dilakukan yaitu wawancara terstruktur, dan dokumentasi didapat berupa foto saat melakukan produksi serta dokumen-dokumen yang digunakan. Subjek penelitian sebanyak 5 orang partisipan dari UMKM Mie
Bergaya Kelurahan Sumberwungu, Kabupaten Gunung kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Hasil Penelitian : UMKM Mie Bergaya berada pada kuadran 1 (Growth), bisnis kuliner ini memanfaatkan kekuatan yang ada untuk meningkatkan keunggulan kompetitif pelaku UMKM. Bisnis kuliner ini memiliki strategi target pasar berupa Concentrated Marketing. Karena, UMKM Mie Bergaya fokus kepada satu segmen tertentu yang telah ditentukannya dengan tujuan menciptakan produk yang terbaik serta berkualitas kepada target pasarnya.
Kesimpulan : Dengan menggunakan analisis SWOT dan analisis STP, pemasaran digital yang sesuai untuk UMKM Mie Bergaya adalah strategi pemasaran media sosial. Dengan menggunakan strategi ini UMKM Mie Bergaya dapat meningkatkan daya saing bisnis kulinernya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences (Economy) > HD Industries. Land use. Labor. Management > HD28 Management. Management
Divisions: Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Management
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:17
Last Modified: 18 Sep 2025 03:17
URI: https:///id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item
View Item