Zakiyah Nurfadilah, - and Muhammad Erwan Syah, - (2024) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Burnout Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of Judul_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of Abstrak_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (39kB)
![[thumbnail of BAB I_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (51kB)
![[thumbnail of BAB II_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
![[thumbnail of BAB III_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of BAB IV_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (156kB)
![[thumbnail of BAB V_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi_compressed.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi_compressed.pdf
Download (9kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (55kB)
![[thumbnail of Lampiran_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of Plagiarisme_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Plagiarisme_202303103_Zakiyah Nurfadilah_Psikologi.pdf
Download (75kB)
Abstract
Mahasiswa tingkat akhir merupakan mahasiswa yang telah melewati beberapa mata kuliah di setiap semesternya. Mahasiswa tingkat akhir dituntut untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu.Tuntutan skripsi yang tinggi dapat menimbulkan kelelahan yang merujuk pada burnout akademik. Faktor burnout akademik ini adalah efikasi diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh efikasi diri terhadap burnout akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Sampel penelitian ini mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi dengan rentang usia 20-25 tahun yang didapatkan melalui teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri yang dimodifikasi dari Amalia (2021) berdasarkan teori Albert Bandura (1997) dengan dimensi yaitu tingkat, keluasan dan kekuatan. Kemudian skala burnout akademik yang dimodifikasi dari Arlinkasari dan Akmal (2017) berdasarkan Maslach Burnout Inventory–Student Survey yang diciptakan Schaufeli dkk (2002) dengan dimensi yaitu exhaustion, cynicism, dan professional efficacy. Hasil penelitian ini yaitu variabel efikasi diri dan variabel burnout akademik pada uji hipotesis mendapatkan nilai sig 0,000, 0,042 dan 0,000 <0,05 artinya variabel tersebut berpengaruh dan hipotesis yang diajukan oleh peneliti diterima. Artinya, bahwa semakin tinggi efikasi diri yang dimiliki mahasiswa tingkat akhir, maka akan semakin rendah terjadinya burnout akademik dan sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 30 Sep 2025 02:29 |
Last Modified: | 30 Sep 2025 02:29 |
URI: | https:///id/eprint/3735 |