Putri Forty Lumbantoruan, - and Kartikadyota Kusumaningtyas, - (2024) Aplikasi Pemesanan Layanan Tata Rias Novy Salon Menggunakan Model Pengembangan Agile. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (409kB)
Abstrak_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (26kB)
Bab 1_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (30kB)
Bab 2_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab 3_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (607kB)
Bab 4_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (725kB)
Bab 5_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (19kB)
Daftar Pustaka_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (153kB)
Lampiran_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (811kB)
Plagiarisme_202102014_Putri Forty Lumbantoruan_Informatika.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar Belakang: Novy Salon merupakan salah satu salon kecantikan di Tapanuli Utara yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Saat ini, Novy Salon menghadapi tantangan dalam efisiensi pelayanannya yang masih menggunakan sistem manual.
Proses pelayanan dimulai ketika pelanggan memasuki salon dan disambut oleh asisten salon. Pelanggan memesan layanan salon, dan jika salon sedang ramai, pelanggan diminta untuk menunggu. Untuk mengetahui jadwal reservasi tata rias, pelanggan mengunjungi salon lalu bertanya kepada asisten salon atau dapat bertanya melalui Whatsapp kepada pemilik salon. Namun, asisten salon terkadang tidak sepenuhnya mengetahui jadwal yang tersedia sehingga perlu melakukan
konfirmasi terlebih dahulu kepada pemilik salon. Hal ini menyebkan pelayanan informasi tentang jadwal tata rias masih belum optimal, menyebabkan ketidakjelasan bagi pelanggan saat akan melakukan konsultasi. Serta pengelolaan data transaksi yang masih manual menyebabkan risiko kehilangan data atau rusak.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah aplikasi pemesanan layanan tata rias dan pengelolaan transaksi yang akan digunakan Novy Salon agar dapat meningkatkan efisiensi operasional serta kepuasan pelanggan.
Metode Penelitian: Penelitian ini diawali dengan analisis kebutuhan, yang akan memetakan masalah serta pengumpulan data agar dapat menentukan kebutuhan sistem. Selanjutnya melakukan desain, implementasi, testing dan deploy aplikasi,
aplikasi dikembangkan menggunakan metode Agile.
Hasil: Hasil penelitian ini yaitu sebuah aplikasi pemesanan layanan tata rias Novy salon yang dapat membantu salon dalam mengelola data reservasi dan transaksi. Berdasarkan pengujian black box testing diperoleh nilai 100% berfungsi dengan baik serta user acceptance test diperoleh hasil rata rata kemudahan aplikasi yaitu 92,9%.
Kesimpulan: Aplikasi pemesanan layanan tata rias Novy salon dengan menggunakan model pengembangan Agile ini berhasil dikembangkan dan berjalan dengan semestinya, serta dapat mempermudah pelanggan dalam mengakses informasi salon dan mempermudah admin dalam mengelola data salon.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science (Informatics) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 05:17 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 05:17 |
| URI: | https:///id/eprint/3806 |
