Nika Nur Cahayana, - and Ulfi Saidata Aesyi, - (2024) Analisis Sentimen Pengguna Terhadap Aplikasi Mobile Banking Sumsel Babel Menggunakan K-Means dan Naive Bayes Studi Kasus Pada Data Ulasan Pengguna di Play Store. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (484kB)
Abstrak_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (19kB)
BAB 1_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (115kB)
BAB 2_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (368kB)
BAB 3_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (70kB)
BAB 4_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (1MB)
BAB 5_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (13kB)
Daftar Pustaka_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (18kB)
Lampiran_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Plagiarisme_202103036_Nika Nur Cahayana_Sistem Informasi.pdf
Download (276kB)
Abstract
Latar Belakang: Aplikasi Mobile Banking Sumsel Babel menghadapi masalah rendahnya kepuasan pengguna dengan skor System Usability Scale (SUS) 31,46, yang termasuk kategori "Not Acceptable." Penelitian ini menggunakan metode KMeans dan Naive Bayes. K-Means digunakan untuk mengelompokkan data ulasan berdasarkan pola serupa, sedangkan Naive Bayes mengklasifikasikan sentimen sebagai positif atau negatif dengan akurasi tinggi. Tujuan penelitian ini adalah membantu Sumsel Babel memahami preferensi dan kebutuhan pengguna untuk meningkatkan sistem dan kepuasan pengguna.
Tujuan: Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar Sumsel Babel bisa melakukan perbaikan terhadap sistemnya.
Metode Penelitian: Metode K-Means digunakan untuk clustering data dan Naïve Bayes untuk mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna.
Hasil: Hasil dari penelitian ditemukan bahwa terdapat 4 klaster dan setiap cluster di klasifikasikan menggunakan Naïve Bayes di mana cluster 0 hasil sentimennya (-), cluster 1 (+), cluster 2 (+), dan cluster 3 (-). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, BSB membutuhakan perbaikan di bagian cluster 0 dan cluster 3.
Kesimpulan: Penelitian menggunakan K-Means untuk klasterisasi pengguna Mobile Banking, Naïve Bayes untuk analisis sentimen, fokus perbaikan di cluster 0 dan 3.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 09:02 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 09:02 |
| URI: | https:///id/eprint/3855 |
