Analisis Kepuasan Pasien Bersalin Terhadap Regulasi BPJS Di Rumah Sakit: Literature Review

Yogo Widodo, - and Eva Putriningrum, - (2020) Analisis Kepuasan Pasien Bersalin Terhadap Regulasi BPJS Di Rumah Sakit: Literature Review. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (906kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
Official URL: http://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Pasien bersalin sebagai salah satu pengguna jasa kesehatan di rumah sakit mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas dari proses awal pendaftaran sampai kepulangan. Tidak jarang diantara mereka yang mengeluh, merasa tidak puas terhadap pelayanan BPJS di rumah sakit. Dalam pelayanan rawat inap, tingkat kepuasan pasien bersalin yang menggunakan BPJS dapat menentukan mutu pelayanan rumah sakit. Semakin rendah tingkat kepuasan pasien akan berdampak terhadap jumlah kunjungan dirumah sakit.
Tujuan Penelitian :penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien bersalin terhadap regulasi BPJS di Rumah Sakit dengan metode “literature review”.
Metode Penelitian :Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sumber data yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah dengan melakukan analisis jurnal sebelumnya yang diperoleh melalui Google Scholar.
Hasil Penelitian :Tingkat kepuasan pasien bersalin dengan BPJS dari kelima jurnal yang telah dianalis menunjukan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan persalinan dengan BPJS di rumah sakit, baik dari dimensi
tangiable, reability, responsiveness, asurance, dan empathy.
Kesimpulan :Terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien bersalin dengan BPJS terhadap kualitas dan mutu pelayanan rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Regulasi BPJS
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:04
Last Modified: 15 Feb 2024 08:04
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item
View Item