Hubungan Kinerja Tutor Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Yuli Septiana, - and Rahayu Iskandar, - (2019) Hubungan Kinerja Tutor Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kinerja tutor merupakan tingkat keberhasilan tutor dalam melaksanakan perannya untuk mencapai tujuan dan standar yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan. Bentuk pembelajaran yang memerlukan peran tutor didalamnya ialah kegiatan PBL (Problem Based Learning) di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta yang menuntut lulusanya untuk memiliki mutu yang baik. Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri peserta didik yang berbentuk aktivitas berupa kegiatan dalam belajar. Untuk itu
diperlukan kinerja tutor yang baik untuk menumbuhkan motivasi belajar mahasiwa.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar mahasiswa di Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Metode Penelitian: Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian adalah 86 mahasiswa Program Studi Keperawatan dengan metode stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah
univariat dan bivariat.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa p value lebih kecil dari 0,005 yakni 0,001 yang artinya terdapat korelasi positif kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa. Hubungan antara kedua variabel termasuk dalam kategori kuat karena berada pada interval 0,6<0,8 dengan nilai r 0,691.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kinerja tutor dengan motivasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Tutor, Motivasi Belajar
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:20
Last Modified: 26 Feb 2024 08:42
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item
View Item