GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG NUTRISI YANG DAPAT MENINGKATKAN PRODUKSI ASI DI BPS EDI SURYANINGRUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

Lisa Novita Sari, - (2015) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG NUTRISI YANG DAPAT MENINGKATKAN PRODUKSI ASI DI BPS EDI SURYANINGRUM GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. UNSPECIFIED. (Unpublished)

[img] Text
Lisa Novita Sari_1112215_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Lisa Novita Sari_1112215_nonfull resize.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pemberian ASI di Indonesia sampai dengan 6 bulan hanya 16,5%. Kabupaten sleman pada tahun 2013sebesar 80,62%. Berdasarkan hasil wawancara pada 10 ibu nifas dan didapatkan hasil bahwa 7 dari 10 ibu nifas menyatakan bahwa pada masa nifas itu tidak boleh makan amis-amisan oleh karena itu, sangat penting bagi ibu nifas untuk mengetahui tentang nutrisi yang meningkatkan produksi ASI. Tujuan penelitian: Diketahuinya tingkat pengetahuan ibu nifas tentang nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI di BPS Edi Suryaningrum, Godean, Sleman, Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling, Sampel yang digunakan sebanyak 44 ibu nifas. Alat pengumpulan data adalah kuesioner, sedangkan analisa data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian: Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI di BPS Edi Suryaningrum Godean, Sleman, Yogyakarta dalam kategori cukup sebanyak 22 responden (50,0%). Kesimpulan: Dari 44 ibu nifas sebagian besar berumur 20-35 tahun berpendidikan terakhir SMU dan mempunyai pekerjaan IRT dengan Tingkat pengetahuan ibu nifas tentang nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI di BPS Edi Suryaningrum Godean, Sleman, Yogyakarta sebagian besar mempunyai pengetahuan cukup yaitu sebanyak 22 responden (50,0%).

Item Type: Other
Additional Information: Dosen Pembimbing Eva Putriningrum, S.ST
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan ibu nifas, nutrisi dan ASI, Knowledge of puerperal women, nutrition and breast-milk
Subjects: B Kebidanan (klasifikasi berdasar topik peminatan) > BN Nifas
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi Kebidanan
Depositing User: Admin Repository Perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2016 07:09
Last Modified: 16 Nov 2017 01:18
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/215

Actions (login required)

View Item View Item