Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan Di Poliklinik Rumah Sakit : Literature Review

Azhar Nur Azizah, - and Eva Putriningrum, - (2020) Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan Di Poliklinik Rumah Sakit : Literature Review. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Sebagai pengguna jasa pelayanan rumah sakit, pasien menuntut pelayanan yang diberikan sesuai dengan haknya, yaitu pelayanan yang bermutu dan paripurna. Tidak jarang ditemukan pasien yang mengeluh, merasa tidak puas dengan apa yang telah diberikan oleh petugas karena dianggap kurang baik dan tidak peka terhadap kebutuhan pasien. Dalam pelayanan rawat jalan di rumah sakit, waktu tunggu adalah waktu yang diperlukan mulai dari pasien mendaftar sampai dilayani oleh dokter spesialis. Semakin lama waktu tunggu yang dihabiskan pasien, maka semakin rendah tingkat kepuasan pasien tersebut.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu pelayanan di poliklinik rumah sakit dengan metode “literature review”.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sumber pustaka yang digunakan dalam penyusunan artikel ini adalah dengan melakukan telaah jurnal dengan pencarian data menggunakan database Google Scholar.
Hasil Penelitian : Tingkat kepuasan pasien rawat jalan dari kedelapan jurnal dalam kategori puas, sedangkan waktu tunggu pelayanan dalam kategori lebih dari standar. Hasil review dari ketiga jurnal mendapatkan p value kurang dari 0,05 yang
artinya H0 ditolak. Ada hubungan antara kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu pelayanan di poliklinik rumah sakit.
Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu pelayanan di poliklinik rumah sakit. Hal ini menunjukkan bahwa semakin cepat waktu tunggu pelayanan maka kepuasan pasien akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Waktu Tunggu Pelayanan
Subjects: R Medicine > RZ Medical Record and Health Information
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 13 Feb 2024 14:16
Last Modified: 13 Feb 2024 14:16
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item
View Item