Apriella Syafura, - and Ngatoiatu Rohmani, - (2022) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN DENGAN ACADEMIC BURNOUT SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (802kB)
Abstrak_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (132kB)
Bab 1_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (161kB)
Bab 2_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
Bab 3_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (488kB)
Bab 4_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (425kB)
Bab 5_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (278kB)
Daftar Pustaka_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (187kB)
Plagiarisme_182201054_Apriella Syafura_Keperawatan.pdf
Download (241kB)
Abstract
Latar Belakang : Pembelajaran daring pada mahasiswa memberikan kendala
tersendiri sehingga beberapa diantara mereka mengalami kelelahan dan kejenuhan
dalam menjalankan pembelajaran atau yang disebut dengan academic burnout.
Untuk menghindari hal tersebut perlu adanya peningkatan kepuasan pembelajaran
daring yang meliputi user quality, organizational quality, e-learning system quality.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat
kepuasan mahasiswa dan academic burnout pada mahasiswa keperawatan
Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional. Sampel yang diambil menggunakan Teknik random
sampling sebanyak 102 responden dengan kriteria inklusi diantaranya mahasiswa
aktif semester II, IV, VI dan VIII TA 2021/2022. Pengambilan data menggunakan
kuesioner tingkat kepuasan dan academic burnout yang berskala likert. Analisis
data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 70,6% responden mengalami academic
burnout dengan kategori sedang-ringan, dan 53,9% mahasiswa merasa puas dalam
pembelajaran daring. Nilai korelasi Somers’d yaitu 0,819 dan p – value 0,022 yang
artinya ada korelasi yang bermakna antara tingkat kepuasan dengan academic
burnout saat pembelajaran darin.
Kesimpulan : Pembelajaran daring saat pandemi yang dirasakan tidak membebani
mahasiswa, sehingga sebagian besar mahasiswa merasa puas dan yang mengalami
academic burnout dalam pembelajaran daring cenderung ringan-sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Burnout, Mahasiswa Keperawatan, Pembelajaran Daring, Tingkat Kepuasan. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Erna Fitri Widayati |
Date Deposited: | 15 May 2023 16:30 |
Last Modified: | 22 May 2023 06:43 |
URI: | https:///id/eprint/1328 |