Intan Ambar Prapitasari, - and Khristina Dias Utami, - (2019) Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB 1 Bantul. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul.pdf
Download (662kB)
Abstrak.pdf
Download (378kB)
Bab I.pdf
Download (165kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (181kB)
Bab III.pdf
Download (274kB)
Bab IV.pdf
Download (214kB)
Bab V.pdf
Download (151kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (288kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Latar Belakang : Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tahun 2017 ada 1,6 juta anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Kelainan bawaan dan kelainan tertentu pada Anak Berkebutuhan Khusus dapat mengakibatkan kesulitan belajar.
Kesulitan belajar yang dialami ABK mengakibatkan proses belajar menjadi lamban karena anak kurang semangat terhadap apa yang dipelajari. Kegiatan belajar pada anak ABK tidak dapat berjalan dengan lancar apabila anak sebagai subyek tidak memiliki motivasi untuk belajar. Banyak orangtua saat ini yang bekerja, sehingga waktu bersama anakpun dirasa kurang.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya hubungan dukungan orangtua dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul.
Metode Penelitian : Metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil
penelitian dianalisis dengan uji univariate dan bivariate Kendall Tau, keeratan hubungan dengan koefisien korelasi.
Hasil Penelitian : Karakteristik orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul yaitu berumur 26-35 tahun (44,8%), jenis kelamin perempuan (91,4%), pendidikan SMA (55,2%), dan berstatus ibu rumah tangga (56,9%). Karakteristik anak berkebutuhan khusus yaitu berusia 5-11 tahun (65,5%) dan berjenis kelamin perempuan (51,7%). Dukungan yang diberikan orang tua kepada anak berkebutuhan khusus kategori baik (55,2%). Sebagian besar anak berkebutuhan khusus memiliki motivasi belajar sedang (50%). Hasil uji korelasi Kendall tau diperoleh p-value 0,009 dengan koefisien korelasi 0,311.
Kesimpulan : Ada hubungan antara antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul dengan keeratan hubungan rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Orangtua, Motivasi Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 06:04 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:45 |
URI: | https:///id/eprint/1818 |