Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB 1 Bantul

Intan Ambar Prapitasari, - and Khristina Dias Utami, - (2019) Hubungan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB 1 Bantul. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul.pdf] Text
Judul.pdf

Download (662kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, tahun 2017 ada 1,6 juta anak berkebutuhan khusus di Indonesia. Kelainan bawaan dan kelainan tertentu pada Anak Berkebutuhan Khusus dapat mengakibatkan kesulitan belajar.
Kesulitan belajar yang dialami ABK mengakibatkan proses belajar menjadi lamban karena anak kurang semangat terhadap apa yang dipelajari. Kegiatan belajar pada anak ABK tidak dapat berjalan dengan lancar apabila anak sebagai subyek tidak memiliki motivasi untuk belajar. Banyak orangtua saat ini yang bekerja, sehingga waktu bersama anakpun dirasa kurang.
Tujuan Penelitian : Diketahuinya hubungan dukungan orangtua dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul.
Metode Penelitian : Metode penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil
penelitian dianalisis dengan uji univariate dan bivariate Kendall Tau, keeratan hubungan dengan koefisien korelasi.
Hasil Penelitian : Karakteristik orang tua anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul yaitu berumur 26-35 tahun (44,8%), jenis kelamin perempuan (91,4%), pendidikan SMA (55,2%), dan berstatus ibu rumah tangga (56,9%). Karakteristik anak berkebutuhan khusus yaitu berusia 5-11 tahun (65,5%) dan berjenis kelamin perempuan (51,7%). Dukungan yang diberikan orang tua kepada anak berkebutuhan khusus kategori baik (55,2%). Sebagian besar anak berkebutuhan khusus memiliki motivasi belajar sedang (50%). Hasil uji korelasi Kendall tau diperoleh p-value 0,009 dengan koefisien korelasi 0,311.
Kesimpulan : Ada hubungan antara antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar anak berkebutuhan khusus di SLB 1 Bantul dengan keeratan hubungan rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Orangtua, Motivasi Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 23 Feb 2024 06:04
Last Modified: 26 Feb 2024 08:45
URI: https:///id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item
View Item