Qorri A’ina, - and Afi Lutfiyati, - (2024) Pengaruh Edukasi Tentang Gizi Seimbang Terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Menggunakan Video Animasi. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (729kB)
Abstrak_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (238kB)
BAB I_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (177kB)
BAB II_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (268kB)
BAB III_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (264kB)
BAB IV_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (370kB)
BAB V_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (137kB)
Daftar Pustaka_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (186kB)
Lampiran_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_202201069_Qorri A_ina_S1 Keperawatan.pdf
Download (2MB)
Abstract
Latar belakang: Permasalahan gizi yang dialami oleh remaja meliputi anemia dan obesitas. Kekurangan gizi pada remaja dapat menyebabkan pertumbuhan dan pembentukan otot yang buruk, kurangnya energi dapat menyebabkan kelelahan, kurangnya motivasi, penurunan produktivitas, dan sistem kekebalan tubuh juga dapat terpengaruh, menyebabkan rentan terhadap penyakit, dan kekurangan nutrisi selama masa remaja juga dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada fungsi otak. Upaya untuk meningkatkan pengetahuan remaja adalah edukasi tentang gizi seimbang menggunakan video animasi.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang sebelum dan setelah menggunakan video animasi.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasy Eksperiment dengan rancangan one group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini seluruh siswa siswi kelas VIII di SMPN 4 Sewon berjumlah 126 orang. Teknik pengambilan sampel
dengan stratified random sampling didapatkan 63 sampel. Intervensi edukasi tentang edukasi gizi seimbang menggunakan video animasi. Pengumpulan data menggunakan kuisioner pengetahuan gizi seimbang. Analisis data menggunakan uji
Marginal Homogeneity.
Hasil: Pengetahuan yang dimiliki responden sebelum diberikan edukasi tentang gizi seimbang menunjukkan sebagian besar berpengetahuan cukup berjumlah 46 orang (73,0%), sedangkan setelah diberikan edukasi menunjukkan pengetahuan cukup berjumlah 57 orang (90,5%). Hasil uji Marginal Homogeneity diperoleh nilai p-value = 0,001 (p<0,05).
Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi tentang gizi seimbang terhadap peningkatan pengetahuan remaja menggunakan video animasi.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:40 |
| Last Modified: | 21 Apr 2025 05:40 |
| URI: | https:///id/eprint/3039 |
