Pengaruh Pemberian Media Edukasi Terhadap Kepatuhan dan Luaran Klinik Pasien Hipertensi di Puskesmas Sewon I Yogyakarta

Santika Lutfi Octaviana, - and Siwi Padmasari, - (2024) Pengaruh Pemberian Media Edukasi Terhadap Kepatuhan dan Luaran Klinik Pasien Hipertensi di Puskesmas Sewon I Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
Judul_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Abstrak_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
Abstrak_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB I_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB I_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of BAB II_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB II_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB III_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB III_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of BAB IV_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB IV_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of BAB V_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB V_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
Daftar Pustaka_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
Lampiran_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf] Text
Plagiarisme_202205100_Santika Lutfi Octaviana_S1 Farmasi.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Hipertensi termasuk penyakit kronis yang memerlukan tingkat kepatuhan pasien dalam menjalani pengobatannya karena dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Kepatuhan termasuk faktor yang mempengaruhi hasil tekanan
darah. Permasalahan ketidakpatuhan pengobatan antihipertensi juga menjadi hambatan dalam pengendalian tekanan darah sehingga diperlukan adanya intervensi yang dapat membantu meningkatkan kepatuhan terapi salah satunya media edukasi.
Tujuan Penelitian: Menganalisis hubungan pemberian media edukasi terhadap tingkat kepatuhan dan hasil tekanan darah pada pasien hipertensi di Puskesmas Sewon I Yogyakarta.
Metode Penelitian: Quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest one group secara prospektif. Total sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 sampel yang dipilih secara accidental sampling. Pengambilan sampel pada data kepatuhan
dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale-8) dan luaran klinik diambil dari data rekam medis.
Hasil Penelitian: Hasil analisis bivariat menggunakan uji beda berupa uji Wilcoxon yang diperoleh p-value=0,000 (p<0,05) untuk data kepatuhan dan luaran klinik yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan data pretest mayoritas pasien memiliki kepatuhan rendah sebanyak 21 pasien (60,0%) dan luaran klinik tidak terkontrol sebanyak 34 pasien (97,1%) setelah diberikan intervensi diperoleh data posttest dengan mayoritas pasien memiliki kepatuhan tinggi 23 responden (65,7%) dan luaran klinik terkontrol sebanyak 19 pasien (54,3%). Terjadi peningkatan rata-rata pada skor kepatuhan dari 5,7 menjadi 7,5 dan penurunan pada luaran klinik berupa tekanan darah dari 147,8/87,8 mmHg menjadi 132,2/16,5 mmHg.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pemberian media edukasi dengan kepatuhan dan luaran klinik pasien hipertensi di Puskesmas Sewon I Yogyakarta (p=0,000).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 17 Jun 2025 03:51
Last Modified: 17 Jun 2025 03:51
URI: https:///id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item
View Item