Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Trimester I Tentang Gizi Seimbang Di Puskesmas Banguntapan 2

Maria Vinsentia Nango Deku, - and Lily Yulaikhah, - (2024) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Hamil Trimester I Tentang Gizi Seimbang Di Puskesmas Banguntapan 2. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
Judul_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Abstrak_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
Abstrak_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of BAB I_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
BAB I_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB II_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
BAB II_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB III_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
BAB III_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of BAB IV_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
BAB IV_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of BAB V_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
BAB V_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
Daftar Pustaka_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of Lampiran_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf] Text
Lampiran_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_S1 Kebidanan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_Kebidanan S1.pdf] Text
Plagiarisme_202207027_Maria Vinsentia Nango Deku_Kebidanan S1.pdf

Download (5MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang : Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di Provinsi DIY yang memiliki status gizi buruk. Prevalensi ibu hamil yang menderita anemia di kabupaten Bantul pada tahun 2018 adalah sebesar 15,18% dan ibu hamil yang menderita KEK di kabupaten Bantul pada tahun yang sama
adalah sebesar 9,79%. Pengetahuan yang baik dapat mempengaruhi sikap dan perilaku ibu hamil dalam mengimplementasikan gizi seimbang. Kegiatan edukasi gizi yang dilakukan dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil, yang kemudian dapat mengarahkan ke arah perilaku yang lebih seimbang dan sehat.
Tujuan : Pengaruh pemberian Pendidikan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang gizi seimbang
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental dengan metodologi kuantitatif, dengan rancangan one group pretest-postest. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Purposive Sampling. Analisis univariat dilakukan untuk mengetahui karakteristik responden , sedangkan analisis bivariat menggunakan uji Paried Sample T-Test untuk mengetahui pengaruh pada perlakukan tertentu.
Hasil Penelitian : Uji statistik menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang gizi seimbang dengan nilai Pvaluee 0,000 (<0,005), hasil pretest diperoleh rata-rata berpengetahuan cukup 54% dan posttest diperoleh rata-rata berpengetahuan baik (100%). Untuk hasil postes sikap mengalami perubahan sikap dengan presentase sikap positif menjadi 89% sedangkan sikap negative 17%. Dengan nilai rata-rata 47,43.
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil tentang gizi seimbang di Puskesmas Banguntapan 2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics, Midwifery
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 18 Jun 2025 04:19
Last Modified: 18 Jun 2025 04:19
URI: https:///id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item
View Item