Ujang Asep, - and Edhy Tri Cahyono, - (2024) Pengaruh Country Origin Dan Live Streaming Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Aplikasi Tiktok. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of Judul_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (807kB)
![[thumbnail of Abstrak_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (94kB)
![[thumbnail of BAB I_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (236kB)
![[thumbnail of BAB II_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
![[thumbnail of BAB III_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (367kB)
![[thumbnail of BAB IV_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (226kB)
![[thumbnail of BAB V_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (90kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (335kB)
![[thumbnail of Lampiran_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of CEK PLAGIARISME_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
CEK PLAGIARISME_202304010_Ujang Asep_S1 Manajemen.pdf
Download (5MB)
Abstract
Latar Belakang : Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, platform bisnis digital semakin banyak bermunculan, memberikan peluang bagi UMKM untuk memperluas jangkauan bisnis mereka. TikTok, sebagai platform media sosial yang fokus pada video pendek, telah menjadi populer di kalangan generasi muda dan efektif untuk mempromosikan produk atau jasa UMKM.
Tujuan Penelitian : Untuk mengeksplorasi bagaimana interaksi antara country of origin (asal negara) dan live streaming memengaruhi keputusan pembelian konsumen di aplikasi TikTok. Secara khusus, tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh country of origin terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi TikTok dan (2) mengetahui pengaruh live streaming terhadap keputusan pembelian konsumen di aplikasi TikTok.
Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi untuk menguji pengaruh variabel independen (country of origin dan live streaming) terhadap variabel dependen
(keputusan pembelian).Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, adjusted R-Square, uji model, dan uji hipotesis.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa country of origin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai path coefficient sebesar 0.363. Country of origin menjadi faktor penting karena persepsi kualitas produk sering kali terkait dengan negara pembuatannya. Konsumen cenderung percaya bahwa produk dari negara tertentu memiliki kualitas yang lebih baik atau lebih sesuai dengan preferensi mereka. Live streaming memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian, dengan nilai path coefficient sebesar 0.567. Interaksi langsung dan demonstrasi produk melalui live streaming membantu konsumen merasa lebih yakin untuk membeli produk.
Kesimpulan : Ditemukan terdapat pengaruh semua variabel penelitian
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences (Economy) > HD Industries. Land use. Labor. Management > HD28 Management. Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Management |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 03:45 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 03:45 |
URI: | https:///id/eprint/3569 |