Anjar Trianita, - and Rizki Wahyuning Damayanti, - (2024) Pengaruh Kualitas Tampilan Aplikasi dan Harga Terhadap Minat Beli Gen Z dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Mediasi pada Pengguna Social Commerce Tiktok Shop di Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of Judul_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (319kB)
![[thumbnail of Abstrak_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (275kB)
![[thumbnail of BAB I_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (371kB)
![[thumbnail of BAB II_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (461kB)
![[thumbnail of BAB III_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (305kB)
![[thumbnail of BAB IV_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (483kB)
![[thumbnail of BAB V_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (404kB)
![[thumbnail of Lampiran_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
![[thumbnail of Plagiarisme_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Plagiarisme_202304019_Anjar Trianita_S1 Manajemen.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Penelitian ini dilakukan untuk memahami pengaruh kualitas tampilan aplikasi dan harga terhadap minat beli gen Z dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Fokus utama penelitian ini adalah pada pengguna social commerce TikTok Shop di Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh meningkatnya penggunaan platform social commerce dan pentingnya elemen visual serta harga dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh kualitas tampilan aplikasi terhadap minat beli. Mengetahui pengaruh harga terhadap minat beli. Menguji peran kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi antara kualitas tampilan aplikasi dan harga terhadap minat beli.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 141 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan diolah menggunakan aplikasi SmartPLS versi 3. Analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, dan pengujian hipotesis untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Hasil : Kualitas tampilan aplikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dengan nilai path coefficient sebesar 0,177 dan P-Value 0,005. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Kepuasan pelanggan berperan sebagai mediasi yang signifikan antara kualitas tampilan aplikasi dan harga terhadap minat beli.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kualitas tampilan aplikasi dan harga secara signifikan mempengaruhi minat beli pengguna TikTok Shop di Yogyakarta. Perusahaan perlu mempertimbangkan faktor-faktor ini untuk meningkatkan minat beli melalui peningkatan kualitas visual aplikasi dan penetapan harga yang sesuai dengan kebutuhan serta ekspektasi pelanggan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences (Economy) > HD Industries. Land use. Labor. Management > HD28 Management. Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Management |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 02 Sep 2025 04:13 |
Last Modified: | 02 Sep 2025 04:13 |
URI: | https:///id/eprint/3576 |