MUHAMMAD KRISNA ABABIL, - and Arini Mifti Jayanti, - (2024) Pengaruh Resiliensi Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (894kB)
Abstrak_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (204kB)
BAB I_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (297kB)
BAB II_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
BAB III_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (395kB)
BAB IV_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (457kB)
BAB V_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (205kB)
Daftar Pustaka_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (341kB)
Lampiran_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Plagiarisme_202303066_Muhammad Krisna Ababil_Psikologi.pdf
Download (1MB)
Abstract
Academic burnout merupakan suatu keadaan dimana individu merasakan kelelahan secara fisik maupun psikis yang ditimbulkan dari kegiatan akademik. Stres berkepanjangan yang dirasakan mahasiswa dalam mengerjakan skripsi dapat menyebabkan terjadinya academic burnout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi terhadap academic burnout pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa di D.I Yogyakarta minimal semster 7 dan sedang
mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan 112 partisipan. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini skala resiliensi Prawita dan Heryadi (2023) dan skala academic burnout Arlinkasari dan Akmal (2017) yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan kepentingan penelitian. Reliablitas variabel academic burnout dimensi kelelahan sebesa 0,820, dimensi sinisme sebesar 0,748, dan pada dimensi professional efficacy sebesar 0,851 serta variabel resiliensi sebesar 0,891. Hipotesis dari penelitian ini pada variabel academic burnout pada dimensi kelelahan sebesar -0,037 dengan nilai p 0,701 (p> 0,01) sehingga tidak terdapat pengaruh resiliensi terhadap academic burnout pada dimensi kelelahan, dimensi sinisme sebesar -0,113 dengan nilai p 0,235 (p>0,01) sehingga tidak terdapat pengaruh resiliensi terhadap academic burnout pada dimensi sinisme, kemudian pada dimensi proffesional efficacy sebesar -0,611 dengan nilai p 0,000 (p< 0,01), artinya terdapat pengaruh
yang signifikan resiliensi terhadap academic burnout pada dimensi proffesional efficacy.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:35 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 02:35 |
| URI: | https:///id/eprint/3713 |
