Analisis Strategi Pemasaran Plafon PVC Dengan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT Indonesia Plafon Semesta

Ahmad Hafid Musyofa, - and Ibnu Abdul Rosid, - (2024) Analisis Strategi Pemasaran Plafon PVC Dengan Metode SWOT Dan QSPM Pada PT Indonesia Plafon Semesta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
Judul_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (757kB)
[thumbnail of Abstrak_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
Abstrak_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB I_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
BAB I_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of BAB II_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
BAB II_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[thumbnail of BAB III_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
BAB III_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of BAB IV_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
BAB IV_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB V_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
BAB V_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
Daftar Pustaka_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Lampiran_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
Lampiran_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[thumbnail of Plagiarisme_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf] Text
Plagiarisme_202105003_Ahmad Hafid Musyofa_S1 Teknik Industri.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Pemasaran adalah salah satu bagian terpenting dalam bisnis dan perdagangan. Dari data yang disajikan, PT Indonesia Plafon Semesta memiliki popularitas yang masih kurang dibandingkan dengan perusahaan yang lain dan mengalami penurunan tren penjualan di wilayah DIY. Berdasarkan permasalahan yang dialami oleh PT Indonesia Plafon Semesta, maka penelitian ini akan mengkaji strategi pemasaran untuk meningkatkan popularitas produk sehingga meningkatkan penjualan di wilayah DIY.
Tujuan: Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap PT Indonesia Plafon Semesta serta menentukan posisi pasar PT Indonesia Plafon Semesta untuk menentukan alternatif strategi pemasaran produk plafon PVC PT Indonesia Plafon Semesta.
Metode Penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dan QSPM.
Hasil: Hasil penelitian ini didasarkan pada analisis matriks IFE, diperoleh total skor 3,45, sedangkan analisis matriks EFE sebesar 3,71. Hasil dari IE Matrix adalah pada sel I yang disebut strategi pertumbuhan dan pembangunan, selain sel I terdapat strategi integratif yaitu pengembangan produk, penetrasi pasar, pengembangan pasar, integrasi vertikal, dan integrasi horizontal.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil dari QSPM alternatif strategi sesuai prioritas tertinggi sampai terendah yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi integrasi horizontal, strategi integrasi vertikal, dan strategi pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Industrial Engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 15 Oct 2025 08:30
Last Modified: 15 Oct 2025 08:30
URI: https:///id/eprint/3768

Actions (login required)

View Item
View Item