Daud Zabal Thoriq Assalam, - and Sido Dea Auvia, - (2024) Usulan Strategi Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Berdasarkan PLS-SEM dan Analisis SWOT di PT Victory Network Sukabumi. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
![[thumbnail of Judul_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Judul_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (326kB)
![[thumbnail of Abstrak_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Abstrak_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (24kB)
![[thumbnail of Bab 1_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (45kB)
![[thumbnail of Bab 2_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
![[thumbnail of Bab 3_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of Bab 4_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (418kB)
![[thumbnail of Bab 5_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (22kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of Lampiran_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Restricted to Registered users only
Download (954kB)
![[thumbnail of Plagiarisme_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf]](https://repository.unjaya.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Plagiarisme_202105006_Daud Zabal Thoriq Assalam_Teknik Industri.pdf
Download (142kB)
Abstract
Latar Belakang: PT Victory Network Sukabumi (VNET) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan layanan jaringan internet. Permasalahan yang terjadi di VNET yaitu pelanggan yang berhenti berlangganan. Karena itu Perusahaan harus memiliki cara untuk mempertahankan pelanggan salah satunya membangun loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kualitas produk, harga, dan kualitas layanan merupakan faktor yang diteliti dengan dimediasi oleh kepuasan pelanggan. Kemudian digunakan analisis SWOT untuk menyusun strategi dalam membangun loyalitas pelanggan.
Tujuan Pertama: Mengetahui variabel apa yang paling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Tujuan Kedua: Menyusun strategi dalam membangun loyalitas pelanggan menggunakan analisis SWOT.
Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan tahapan yaitu uji outer model, uji inner model dan uji hipotesis. Pengolahan data menggunakan software SPSS25 dan smartPLS4, kemudian dilanjutkan dengan analisis SWOT untuk penyusunan strategi dalam membangun loyalitas pelanggan.
Hasil: penelitian ini menunjukan variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu variabel harga dengan p-value 0,000 dan t-statistic 9,224, dan didapatkan beberapa alternatif strategi yaitu menyesuaikan harga, investasi dalam teknologi, dan pemasaran agresif strategi tersebut dapat digunakan perusahaan dalam membangun loyalitas pelanggan.
Kesimpulan: Hasil menunjukan variabel harga yang paling berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Dan didapatkan beberapa alternatif strategi dalam membangun loyalitas pelanggan yaitu, menyesuaikan harga, investasi dalam teknologi, dan pemasaran agresif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Industrial Engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Mrs Tiara DP |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 08:48 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 08:48 |
URI: | https:///id/eprint/3771 |