Analisis Sentimen Aplikasi Maxim pada Playstore dengan Metode Naïve Bayes Classification

Mahmud Alfattah, - and Kartikadyota Kusumaningtyas, - (2024) Analisis Sentimen Aplikasi Maxim pada Playstore dengan Metode Naïve Bayes Classification. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Judul_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of Abstrak_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Abstrak_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of Bab I_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Bab I_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Bab II_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Bab II_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of Bab III_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Bab III_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (672kB)
[thumbnail of Bab IV_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Bab IV_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (693kB)
[thumbnail of Bab V_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Bab V_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Daftar Pustaka_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of Lampiran_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Lampiran_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[thumbnail of Plagiarisme_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf] Text
Plagiarisme_202102011_Mahmud Alfattah_Informatika.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan dunia teknologi membawa perubahan yang signifikan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk bidang transportasi. Salah satu perusahaan yang memanfaatkan platform transportasi online adalah Maxim, Maxim adalah perusahaan penyedia layanan transportasi online yang mengandalkan pengemudi sebagai mitra untuk menjalankan bisnisnya, serupa dengan platform lain seperti Gojek dan Grab. Maxim memiliki rating yang tinggi di Google Play Store. Namun, ada indikasi bahwa rating tersebut tidak sepenuhnya mencerminkan tingkat kepuasan pengguna yang sebenarnya. Hal ini disebabkan oleh adanya bias dalam pemberian rating, khususnya terkait akurasi peta dan variasi metode pembayaran pada aplikasi tersebut.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pelanggan terhadap layanan aplikasi Maxim berdasarkan ulasan di Google Play Store. Analisis ini menggunakan metode Naive Bayes Classification untuk mengkategorikan ulasan menjadi komentar positif dan negatif. Dan hasilnya adalah visualisasi data menggunakan framwork flask.
Metode Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi Maxim menggunakan metode Naive Bayes. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ulasan pengguna yang diperoleh dari Google Play Store.
Hasil: Hasil penelitian analisis sentimen ulasan pengguna aplikasi Maxim pada Google Playstore menggunakan metode Naïve Bayes Classification berhasil mendapatkan 200.000 data ulasan pengguna aplikasi Maxim pada Google Playstore dengan data sentimen positif sebanyak 167.213 data dan sentimen negatif sebanyak 32.787 data.
Kesimpulan: Penggunaan model Naïve Bayes Classification berhasil mendapatkan akurasi sebesar 93%. Berdasarkan data tersebut dapat dibuktikan bahwa penilaian masyarakat terhadap aplikasi Maxim bisa dikatakan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science (Informatics)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 21 Oct 2025 05:00
Last Modified: 21 Oct 2025 05:00
URI: https:///id/eprint/3804

Actions (login required)

View Item
View Item