Optimalisasi Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Pengingat Perawatan Sepeda Motor Berbasis Mobile

Shindy Mardina Putri, - and Choerun Asnawi, - (2024) Optimalisasi Perancangan Antarmuka Pengguna Pada Aplikasi Pengingat Perawatan Sepeda Motor Berbasis Mobile. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Judul_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of Abstrak_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Abstrak_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Bab 1_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Bab 1_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Bab 2_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Bab 2_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab 3_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Bab 3_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Bab 4_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of Bab 5_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Bab 5_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Daftar Pustaka_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of Lampiran_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Lampiran_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf] Text
Plagiarisme_202102041_Shindy Mardina Putri_Informatika.pdf

Download (780kB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Di era digital, handphone menjadi penting untuk kehidupan sehari-hari, terutama dalam mendapatkan informasi dan hiburan melalui aplikasi mobile. Daya tarik dan kemudahan aplikasi berpengaruh pada keputusan pengguna
untuk terus menggunakan aplikasi tersebut, termasuk aplikasi pengingat perawatan sepeda motor. Namun, beberapa aplikasi sebelumnya memiliki kekurangan dalam desain antarmuka yang tidak konsisten, tata letak yang kurang presisi, dan pengalaman pengguna yang kurang memuaskan. Oleh karena itu, dibutuhkan antarmuka aplikasi pengingat perawatan sepeda motor yang dioptimalkan.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membuat antarmuka pengguna yang optimal untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna dalam meggunakan aplikasi pengingat perawatan sepeda motor.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan 2 metode yang berbeda, yaitu Scrum yang digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pengembangan produk serta Design Thinking yang digunakan untuk memahami masalah pengguna secara mendalam.
Hasil: Pengoptimalan ini menghasilkan high-fidelity prototype dan MVP (Minimum Viable Product) yang menjadi solusi dari permasalahan tampilan aplikasi dan permasalahan pengguna. Hal ini terbukti pada pengujian remote usability testing yang dilakukan pada 5 pengguna. Usability Score yang diperoleh sebesar 68/100 pada SEQ skenario pendaftaran akun, nilai 47/100 pada skenario pengaktifan notifikasi, prolehan nilai 80/100 pada SUS skenario penambahan riwayat servis, serta tingkat kepuasan pengguna yang berada di angka 8 dan 9 dari rentang nilai 1-10.
Kesimpulan: Optimalisasi perancangan antarmuka pada aplikasi pengingat perawatan sepeda motor berbasis mobile ini berhasil dilakukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science (Informatics)
Divisions: Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 21 Oct 2025 08:05
Last Modified: 21 Oct 2025 08:05
URI: https:///id/eprint/3825

Actions (login required)

View Item
View Item