Verlyna Dian Pratiwi, - and Arif Himawan, - (2024) Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Website MAN 5 Sleman Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (749kB)
Abstrak_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (22kB)
Bab 1_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (34kB)
Bab 2_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (244kB)
Bab 3_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (92kB)
Bab 4_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (444kB)
Bab 5_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (22kB)
Daftar Pustaka_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (156kB)
Lampiran_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_202103020_Verlyna Dian Pratiwi_Sistem Informasi.pdf
Download (807kB)
Abstract
Latar Belakang: Website MAN 5 Sleman merupakan salah satu platform penting untuk penyebaran informasi pendidikan di era digital saat ini. Namun, kepuasan pengguna terhadap website ini belum pernah dievaluasi secara mendetail. Evaluasi ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap website MAN 5 Sleman serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna menggunakan variabel dari metode Expectation User Confirmation Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden yang merupakan pengguna aktif website MAN 5 Sleman. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan aplikasi statistik SPSS 26 untuk uji validitas dan reliabilitas, serta menggunakan Smart-PLS untuk pengujian model struktural.
Hasil: Analisis data dari 115 responden menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas layanan, ketepatan waktu, akurasi, kemudahan pengguna dan format memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kualitas sistem terbukti menjadi faktor yang paling dominan dengan pengaruh menengah, sementara variabel kualitas informasi, dan konten, tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Nilai R-Square yang tinggi, yaitu sebesar 0,915, menunjukkan bahwa model yang digunakan dapat menjelaskan dengan baik faktor-faktor yang
mempengaruhi kepuasan pengguna.
Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan layanan, ketepatan waktu, akurasi, kemudahan pengguna serta format adalah faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pengguna website MAN 5 Sleman. Temuan ini memberikan panduan penting untuk peningkatan lebih lanjut pada website tersebut.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:35 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:35 |
| URI: | https:///id/eprint/3846 |
