Julien Kristin Fiscalih Kusumojati, - and Ahmad Hanafi, - (2024) Analisis Proses Bisnis Pada Maula Hijab: Penanganan Pesanan Produk Pada Platform Shopee Dengan Metode BPI Dan FMEA. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (1MB)
Abstrak_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (19kB)
Bab 1_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (27kB)
Bab 2_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Bab 3_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (30kB)
Bab 4_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (1MB)
Bab 5_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (13kB)
Daftar Pustaka_2021030302_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (39kB)
Lampiran_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Plagiarisme_202103032_Julien Kristin Fiscalih Kusumojati_Sistem Informasi.pdf
Download (108kB)
Abstract
Latar Belakang: Maula Hijab, sebuah perusahaan fashion hijab di Indonesia yang didirikan pada tahun 2017, salah satu pemasaranya melalui platform Shopee. Meskipun penjualannya meningkat pesat, perusahaan menghadapi tantangan dalam katalogisasi dan pengiriman pesanan. Dari 136.500 ulasan pelanggan di Shopee, 6.591 ulasan memberi penilaian di bawah empat bintang, dengan banyak keluhan mengenai ketidaksesuaian pesanan. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan analisis proses penanganan pesanan menggunakan metode Business Process Improvement dan Business Process Modelling Notation (BPMN).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan memetakan dan mengevaluasi proses bisnis penanganan pesanan produk Maula Hijab di Shopee, memahami alur kerja dan prosedur yang terlibat, serta mengidentifikasi hambatan dan tantangan utama yang
memerlukan perbaikan atau pengoptimalan.
Metode Penelitian: Metode Business Process Improvement dengan Pemodelan Business Process Modelling Notation digunakan karena berfokus pada pengguna untuk mencapai solusi. Metode ini terdiri dari lima tahapan: Organizing for
improvement, Understanding the process, Streamlining, Measurements and controls, dan Continuous improvement.
Hasil: Pengujian Business Process Modelling Notation (BPMN) menggunakan metode Business Process Improvement mendapatkan nilai 4 dengan kategori "Permasalahan terselesaikan," menunjukkan bahwa BPMN berhasil menyelesaikan masalah penanganan pesanan dan pengemasan produk di Maula Hijab.
Kesimpulan: Penelitian ini berhasil memetakan dan mengevaluasi proses bisnis penanganan pesanan produk Maula Hijab di Shopee, mengidentifikasi hambatan utama seperti kesalahan pemeriksaan ketersediaan dan pengambilan barang.
Metode Business Process Improvement (BPI) dengan Business Process Modelling Notation (BPMN) membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kegagalan proses bisnis. Implementasi proses bisnis baru terbukti mengurangi ketidaksesuaian pesanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software (Information System) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science, Computer, and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 08:54 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 08:54 |
| URI: | https:///id/eprint/3852 |
