Hubungan Peran Pendampingan Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Anak Pengguna Gadget pada Anak Usia Sekolah SD Negeri 1 Sewon Bantul

Setyo Hermawan, - and Yanita Trisetiyaningsih, - (2020) Hubungan Peran Pendampingan Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Anak Pengguna Gadget pada Anak Usia Sekolah SD Negeri 1 Sewon Bantul. Masters thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of JUDUL.pdf] Text
JUDUL.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://unjaya.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Pengguna gadget yang memanfaatkan internet usia 10-14 tahun mencapai 66,2%. Permasalahan yang muncul salah satunya adalah masalah mental emosional pada anak berupa gangguan emosi, masalah sosial, dan hiperaktif. Tahun 2017, ada 42,7% dari 75 siswa SD usia 11- 12 di Semarang mengalami gangguan emosional akibat kecanduan gadget. Pada usia ini anak sangat mudah untuk dibentuk, mudah menyerap berbagai informasi dari lingkungannya dan periode ini benar-benar tergantung pada orang tua atau para pengasuhnya.
Tujuan Penelitian: Diketahui hubungan peran pendampingan orang tua dengan masalah mental emosional anak pengguna gadget pada anak usia sekolah SD Negeri 1 Sewon Bantul.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan desain cross sectional. Teknik sampling yaitu sampling purposive yang berjumlah 41 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner peran orang tua dan perkembangan emosional anak pengguna gadget. Analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji korelasi dengan rumus somer’s.
Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua secara keseluruhan masuk dalam kategori cukup dengan persentase 82,9% dan mental emosional anak normal sebesar 61.0%. Terdapat hubungan dari peran pendampingan orang tua dengan masalah mental emosional anak yang menggunakan gadget (0,033 <0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan peran pendampingan orang tua pada anak pengguna gadget dengan masalah mental emosional anak pengguna gadget. Orang tua diharapkan untuk menerapkan aturan dan memahami dampak dari penggunan gadget pada anak

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua, Mental Emosional Anak, Gadget
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Erna Fitri Widayati
Date Deposited: 07 Apr 2023 07:27
Last Modified: 01 Feb 2024 08:27
URI: http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item