Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gamping 2 Sleman

Stefani Nuri Alvita, - and Afrizal Wahyu D.S., - (2024) Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Gamping 2 Sleman. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
Judul_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of Abstrak_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
Abstrak_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of BAB I_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB I_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of BAB II_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB II_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of BAB III_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB III_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB IV_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
BAB IV_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Bab V_202205110_Stefani Nuri Alvita_Farmasi.pdf] Text
Bab V_202205110_Stefani Nuri Alvita_Farmasi.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
Daftar Pustaka_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of Lampiran_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
Lampiran_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf] Text
Plagiarisme_202205110_Stefani Nuri Alvita_S1 Farmasi.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Latar Belakang: Layanan farmasi di puskesmas berperan dalam berinteraksi langsung dengan pasien untuk meningkatkan kualitas hidup mereka terkait penggunaan obat. Dalam persaingan yang ketat ini, puskesmas harus memberikan pelayanan terbaik untuk mencapai kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan evaluasi terhadap layanan kesehatan yang diterima. Faktor-faktor seperti pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, dan usia dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Gamping 2 Sleman.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional, dengan metode observasional analitik untuk melihat hubungan antar variabel. Pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling dengan pemilihan
sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Analisis data yang digunakan yaitu uji Kruskal Wallis.
Hasil Penelitian: Mayoritas pasien di Puskesmas Gamping 2 Sleman berumur 17-25 tahun (31%), berjenis kelamin perempuan (74%), dengan jumlah pasien yang bekerja dan tidak bekerja sama banyaknya (50%), dan kebanyakan berpendidikan menengah (SMA/SMK) (45%). Tingkat kepuasan pasien termasuk dalam kategori sangat puas pada semua dimensi, dengan persentase tertinggi pada dimensi jaminan (81,20%) dan terendah pada dimensi ketanggapan (79,10%). Uji korelasi Kruskal Wallis menunjukkan adanya hubungan antara umur dan tingkat kepuasan pasien (pvalue = 0.023 < 0,05), tetapi tidak ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara umur dengan tingkat kepuasan pasien, tetapi tidak ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan dengan tingkat kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:06
Last Modified: 17 Jun 2025 07:06
URI: https:///id/eprint/3343

Actions (login required)

View Item
View Item