Ariyandi Rizki Syahputra, - and Ade Gunawan, - (2024) Efektivitas Peraturan Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online di Tiktok Shop Menurut Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (787kB)
Abstrak_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (98kB)
BAB I_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (225kB)
BAB II_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
BAB III_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (21kB)
BAB IV_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (309kB)
BAB V_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (170kB)
Daftar Pustaka_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (169kB)
Lampiran_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Restricted to Registered users only
Download (751kB)
Plagiarisme_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Download (4MB)
Abstract
Internet atau yang biasa disebut juga sebagai World Wide Network, atau bisa diartikan sebagai komunikasi virtual yang dilakukan lewat media komputer dan gadget/handphone. Para pengguna internet biasanya memiliki beragam tujuan dengan menggunakan internet, salah satunya digunakan sebagai alat untuk memperomosikan dan mengiklankan barang yang dijualnya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana penerapan peraturan perlindungan konsumen apakah sudah efektif di Indonesia dan Untuk mencari solusi dari adanya hambatan yang
dihadapi oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode Normatif-Empiris, yang
menggabungkan antara kajian pustaka dan juga hasil wawancara di lapangan. Pendekatan Penelitian Perundang-undangan dan studi kasus. Analisis data dalam penelitian ini juga menggunakan analisis data secara Kualitatif. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah peraturan perlindungan konsumen sudah efektif menurut Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Peraturan Perlindungan atas konsumen menurut Pasal 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen kurang efektif pada pelaksanaannya, baik menurut Hukum Positif Indonesia maupun
Hukum Islam, dikarenakan masih banyaknya pelaku usaha maupun konsumen masih menyimpang dari aturan yang sudah ditetapkan dalam Undang—Undang perlindungan konsumen. Masih banyaknya pelaku usaha yang menjual barang namun tidak sesuai dengan deskripsi produk yang tertera di marketplace, dan konsumen juga masih banyak yang tidak melaporkan adanya sengketa dalam transaksi jual beli online.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | K Law > K Law (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Law |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 06 Aug 2025 08:18 |
| Last Modified: | 06 Aug 2025 08:18 |
| URI: | https:///id/eprint/3542 |
