Efektivitas Peraturan Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online di Tiktok Shop Menurut Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam

Ariyandi Rizki Syahputra, - and Ade Gunawan, - (2024) Efektivitas Peraturan Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online di Tiktok Shop Menurut Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
Judul_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of Abstrak_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
Abstrak_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of BAB I_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
BAB I_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of BAB II_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
BAB II_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[thumbnail of BAB III_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
BAB III_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of BAB IV_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
BAB IV_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB V_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
BAB V_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
Daftar Pustaka_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
Lampiran_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[thumbnail of Plagiarisme_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf] Text
Plagiarisme_202302025_Ariyandi Rizki Syahputra_S1 Hukum.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id/

Abstract

Internet atau yang biasa disebut juga sebagai World Wide Network, atau bisa diartikan sebagai komunikasi virtual yang dilakukan lewat media komputer dan gadget/handphone. Para pengguna internet biasanya memiliki beragam tujuan dengan menggunakan internet, salah satunya digunakan sebagai alat untuk memperomosikan dan mengiklankan barang yang dijualnya. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana penerapan peraturan perlindungan konsumen apakah sudah efektif di Indonesia dan Untuk mencari solusi dari adanya hambatan yang
dihadapi oleh konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode Normatif-Empiris, yang
menggabungkan antara kajian pustaka dan juga hasil wawancara di lapangan. Pendekatan Penelitian Perundang-undangan dan studi kasus. Analisis data dalam penelitian ini juga menggunakan analisis data secara Kualitatif. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah apakah peraturan perlindungan konsumen sudah efektif menurut Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Peraturan Perlindungan atas konsumen menurut Pasal 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen kurang efektif pada pelaksanaannya, baik menurut Hukum Positif Indonesia maupun
Hukum Islam, dikarenakan masih banyaknya pelaku usaha maupun konsumen masih menyimpang dari aturan yang sudah ditetapkan dalam Undang—Undang perlindungan konsumen. Masih banyaknya pelaku usaha yang menjual barang namun tidak sesuai dengan deskripsi produk yang tertera di marketplace, dan konsumen juga masih banyak yang tidak melaporkan adanya sengketa dalam transaksi jual beli online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts, Social Sciences, and Economy > School of Law
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 06 Aug 2025 08:18
Last Modified: 06 Aug 2025 08:18
URI: https:///id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item
View Item