Muhammad Imam AbdulMu'min, - and Muhammad Erwan Syah, - (2024) Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Psychological Well Being pada Guru di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Jenjang Sekolah Dasar Kota Yogyakarta. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (520kB)
Abstrak_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (110kB)
BAB I_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (169kB)
BAB II_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (101kB)
BAB III_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (239kB)
BAB IV_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (141kB)
BAB V_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (10kB)
Daftar Pustaka_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi.pdf
Download (102kB)
Lampiran_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi_compressed.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_202303065_Muhammad Imam Abdulmu_min_Psikologi_compressed.pdf
Download (1MB)
Abstract
Guru memiliki peran penting dalam pencapaian kualitas pendidikan. Tuntutan kerja dan kurangnya dukungan sosial pada guru menjadikan beban guru semakin berat. Dukungan sosial menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi psychological wellbeing seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan enam dimensi psychological well-being pada guru di sekolah inklusi jenjang Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta, Subjek penelitian adalah guru aktif di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Responden penelitian berjumlah 68 responden 22 laki-laki, dan 46 perempuan. Terdapat 8 sekolah inklusi jenjang Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta yang tersebar di 7 kecamatan. Analisis hipotesis menggunakan korelasi spearman rank, diperoleh nilai Sig. <0,05 pada dimensi hubungan positif dengan orang lain, penugasan lingkungan, tujuan hidup, dan pertumbuhan pribadi. Hal tersebut menunjukkan bahwa 4 hipotesis penelitian yang diajukan peneliti diterima, artinya ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan 4 dimensi psychological well-being. Hipotesis lainya menunjukkan dua dimensi penerimaan diri dan kemandirian dengan nilai Sig. >0,05 maka hipotesis ditolak, sedangkan
hipotesis antara variabel yaitu hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being memperoleh hasil 0,000 artinya Sig. <0,05 Maka hipotesis diterima. Oleh karena itu terdapat hubungan positif antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada guru inklusi jenjang Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 26 Sep 2025 02:27 |
| Last Modified: | 26 Sep 2025 02:27 |
| URI: | https:///id/eprint/3712 |
