PENGARUH COMPULSIVE BUYING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA GENERASI Z PENGGEMAR K-POP

Qismila Violentin Anggraini, - and Deni Santi Pertiwi, - (2024) PENGARUH COMPULSIVE BUYING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA GENERASI Z PENGGEMAR K-POP. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

[thumbnail of Judul_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
Judul_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi (2).pdf] Text
Abstrak_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi (2).pdf

Download (288kB)
[thumbnail of BAB I__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
BAB I__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of BAB II__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
BAB II__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of BAB III__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
BAB III__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of BAB IV_202303078_QISMILA VIOLENTIN ANGGRAINI_PSIKOLOGI.pdf] Text
BAB IV_202303078_QISMILA VIOLENTIN ANGGRAINI_PSIKOLOGI.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of BAB V__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
BAB V__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
Daftar Pustaka__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of Lampiran__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf] Text
Lampiran__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Plagiarisme_202303078_qismila violentin anggraini_psikologi.pdf] Text
Plagiarisme_202303078_qismila violentin anggraini_psikologi.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://unjaya.ac.id

Abstract

Compulsive buying dapat diartikan sebagai pembelian barang secara berlebihan. compulsive buying ini dipengaruhi oleh adanya keinginan gen Z untuk terus melakukan pembelian berulang hingga menyebabkan dampak pada kehidupan sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala
Likert menggunakan Skala Compulsive Buying yang telah diadaptasi oleh Athiyah Dwi Pasya (2023) dan menggunakan Skala Psychological well being yang dimana peneliti melakukan konstruksi menggunakan dimensi milik Ryff dan Kayes (1995). Dengan populasi diantaranya generasi Z yang merupakan generasi antara 1997 – 2012 dan penggemar K-POP. Hipotesis sementara dari penelitian ini adalah Hipotesis Negatif. Berdasarkan analisis uji regresi bahwa terdapat
pengaruh antara compulsive buying terhadap dimensi Penerimaan diri dan pengembangan diri. Subjek dari Penelitian ini adalah 212 partisipan dengan pengambilan data menggunakan Purposive sampling. Pada Uji Regresi Linier Sederhana ditemukan bahwa Compulsive buying berpengaruh terhadap dimensi penerimaan diri dengan sig .021 dan pengembangan diri dengan nilai sig. .027 dan terdapat dimensi tujuan hidup, hubungan positif dengan orang lain, penguasaan lingkungan dan otonomi yang tidak berpengaruh terhadap compulsive buying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Mrs Tiara DP
Date Deposited: 29 Sep 2025 04:09
Last Modified: 29 Sep 2025 04:09
URI: https:///id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item
View Item