Qismila Violentin Anggraini, - and Deni Santi Pertiwi, - (2024) PENGARUH COMPULSIVE BUYING TERHADAP PSYCHOLOGICAL WELL BEING PADA GENERASI Z PENGGEMAR K-POP. Diploma thesis, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.
Judul_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Download (1MB)
Abstrak_202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi (2).pdf
Download (288kB)
BAB I__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Download (318kB)
BAB II__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (441kB)
BAB III__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Download (433kB)
BAB IV_202303078_QISMILA VIOLENTIN ANGGRAINI_PSIKOLOGI.pdf
Download (424kB)
BAB V__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Download (263kB)
Daftar Pustaka__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Download (300kB)
Lampiran__202303078_Qismila Violentin Anggraini_Psikologi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Plagiarisme_202303078_qismila violentin anggraini_psikologi.pdf
Download (3MB)
Abstract
Compulsive buying dapat diartikan sebagai pembelian barang secara berlebihan. compulsive buying ini dipengaruhi oleh adanya keinginan gen Z untuk terus melakukan pembelian berulang hingga menyebabkan dampak pada kehidupan sosialnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala
Likert menggunakan Skala Compulsive Buying yang telah diadaptasi oleh Athiyah Dwi Pasya (2023) dan menggunakan Skala Psychological well being yang dimana peneliti melakukan konstruksi menggunakan dimensi milik Ryff dan Kayes (1995). Dengan populasi diantaranya generasi Z yang merupakan generasi antara 1997 – 2012 dan penggemar K-POP. Hipotesis sementara dari penelitian ini adalah Hipotesis Negatif. Berdasarkan analisis uji regresi bahwa terdapat
pengaruh antara compulsive buying terhadap dimensi Penerimaan diri dan pengembangan diri. Subjek dari Penelitian ini adalah 212 partisipan dengan pengambilan data menggunakan Purposive sampling. Pada Uji Regresi Linier Sederhana ditemukan bahwa Compulsive buying berpengaruh terhadap dimensi penerimaan diri dengan sig .021 dan pengembangan diri dengan nilai sig. .027 dan terdapat dimensi tujuan hidup, hubungan positif dengan orang lain, penguasaan lingkungan dan otonomi yang tidak berpengaruh terhadap compulsive buying.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Mrs Tiara DP |
| Date Deposited: | 29 Sep 2025 04:09 |
| Last Modified: | 29 Sep 2025 04:09 |
| URI: | https:///id/eprint/3719 |
